Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

“FLOMT” Blokade Jalan Masuk TPL, Tuntut Paradigma Baru

Redaksi - Selasa, 27 Februari 2024 09:12 WIB
287 view
“FLOMT” Blokade Jalan Masuk TPL, Tuntut Paradigma Baru
Foto SIB/Jantro Naibaho
BLOKADE: Warga yang bergabung dalam Forum Lintas Organisasi Masyarakat Toba (FLOMT) unjuk rasa menuntut pelaksanaan paradigma baru TPL. Dalam aksi itu massa juga memblokade jalan masuk pabrik PT TPL, Senin (26/2). 
Toba (SIB)
Masyarakat yang tergabung dalam Forum Lintas Organisasi Masyarakat Antar Toba (FLOMT), menggelar unjuk rasa pabrik PT Toba Pulp Lestari, Tbk (TPL) di Sosorladang, Kecamatan Parmaksian, Kabupaten Toba, Senin (26/02) sekitar pukul 10.00 WIB.

Dalam aksi itu, massa FLOMT mempertanyakan hubungan kemasyarakatan terhadap stakeholder, sebagaimana tertuang dalam surat pernyataan TPL tahun 2002, Akta 54 Tahun 2003 dan Akta 05 Tahun 2017 tentang paradigma baru.

Pengunjuk rasa yang tidak sabar membakar ban untuk memblokade jalan masuk perusahaan. Tak berselang lama, Humas TPL Robenton Hutapea berdiskusi dengan perwakilan FLOMT, namun tidak terjadi kesepakatan antar kedua belah pihak.

Penanggung jawab aksi, Edisanto Panjaitan mengatakan, FLOMT tidak akan berhenti melakukan aksi sebelum TPL memenuhi seluruh poin terkait paradigama baru. Aksi akan dilaksanakan selama empat hari berturut-turut.

"Selama empat hari, dimulai dari hari ini, kami akan memblokade jalan masuk TPL. Sebelum ada kesepakatan dalam membahas ulang paradigama baru, kita tidak akan berhenti melakukan aksi damai. Setelah empat hari dalam bulan ini, akan kita lanjut pada bulan depan," ucapnya.

Edisanto meminta, supaya Direktur TPL duduk bersama dengan masyarakat dalam membahas dan memenuhi pelaksanaan paradigma baru. Karena menurutnya, lahirnya paradigma baru atas adanya kesalahan perusahaan terhadap masyarakat sekitar.

"Marwah dari paradigma baru telah hilang, dan melalui FLOMT kita lahirkan kembali dan TPL harus melaksanakan seluruh poin paradigama baru. Ini demi kemajuan perekonomian masyarakat Kabupaten Toba," terangnya.

Terpisah, Humas media relation, TPL Indra Sianipar ketika dikonfirmasi mengatakan, pihak perusahaan menghargai aksi damai yang dilakukan massa FLOMT. TPL juga selalu memberikan perhatiannya untuk masyarakat sekitar. (**)




SHARE:
Tags
beritaTerkait
TPL Bantu Pengaspalan Jalan Pertanian di Desa Horisan Ranggitgit Taput
DPRD SU: PT TPL Harus Realisasikan Paradigma Baru
TPL Salurkan Bantuan Kepada Korban Bencana di Humbahas
TPL Bangun Sarana Air Bersih di Desa Hutatinggi
TPL Panen Perdana Jagung Program Intercrop di Parmonangan
Kejurnas Danau Toba Rally 2023 Bakal Digelar di Aek Nauli
komentar
beritaTerbaru