DPRD SU Desak Menteri ATR/BPN Turunkan Tim Khusus Habisi Mafia Tanah di Sumut


382 view
DPRD SU Desak Menteri ATR/BPN Turunkan Tim Khusus Habisi Mafia Tanah di Sumut
(Kompas.com/Aisyah Sekar Ayu Maharani)
Menteri ATR/BPN Hadi Tjahjanto di kantor Kementerian ATR/BPN, Jumat (8/7/2022).

Medan (SIB)

Kalangan DPRD Sumut mendesak Menteri Agraria dan Tata Ruang/Kepala Badan Pertanahan Nasional (ATR/BPN), Hadi Tjahjanto segera menurunkan tim khusus menghabisi kelompok mafia tanah yang bekerjasama dengan oknum-oknum di Badan Pertanahan Nasional (BPN) di Sumut, yang selama ini "merampas" tanah-tanah rakyat.

Desakan itu disampaikan Ketua Fraksi Nusantara DPRD Sumut Zeira Salim Ritonga, anggota Fraksi PDI Perjuangan Poaradda Nababan dan anggota FP Golkar Viktor Silaen SE MM kepada wartawan, Rabu (27/7) di DPRD Sumut menanggapi pernyataan Menteri ATR/BPN, bahwa kasus mafia tanah paling banyak terjadi saat ini di Sumut, Riau dan Jambi.

"Tim khusus tersebut bergerak secara silent, agar tidak ada yang tahu, karena kelompok mafia tanah ini jaringannya sudah seperti jaring laba-laba yang melibatkan oknum-oknum di berbagai institusi, sehingga membutuhkan ekstra keras pemberantasannya," tandas Zeira Salim Ritonga.

Ditambahkan Bendahara DPW Partai Kebangkitan Bangsa (PKB) Sumut ini, jika hanya mengandalkan tim pemberantasan mafia tanah dari daerah, diyakini tidak akan maksimal membersihkan mafia tanah di Sumut, karena sudah terbukti beberapa kali ganti Gubernur Sumut dan para petinggi aparat penegak hukum, tapi mafia tanah tetap eksis rampas tanah rakyat.

"Jalan satu-satunya untuk menuntaskan kasus agraria maupun membersihkan kelompok mafia tanah di Sumut, hanya dengan membentuk tim khusus menyelesaikan kasus tanah oleh Menteri ATR/BPN yang personelnya sebaiknya diutus dari berbagai institusi, agar tanah-tanah rakyat bisa terselamatkan," tandasnya.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com