Menjaga Hutan

Kadis LHK Sumut Minta Personel Polhut Sumut Ditambah


190 view
Kadis LHK Sumut Minta Personel Polhut Sumut Ditambah
Foto: Ist/harianSIB.com
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumut, Ir Yuliani Siregar MAP.
Medan (SIB)
Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kehutanan Provinsi Sumut, Ir Yuliani Siregar MAP mengatakan, hingga tahun 2024 jumlah personel Polisi Kehutanan (Polhut) di Pemprov Sumut hanya 95 personel seharusnya ada 1.000 personel menjaga hutan di Sumut. Dengan jumlah yang sedikit dan sudah banyak memasuki pensiun membuat aktivitas mereka berkurang.
Seperti diketahui luas hutan berdasarkan SK 0088/MENLAH-PKTL/KUH/PLA.2/11/2018 tentang Peta Perkembangan dan Pengukuhan Kawasan Hutan Provinsi Sumut. Luas hutan lindung 1.199.336,15 ha, hutan suaka alam dan pelestarian alam 420.949,88 ha, hutan produksi terbatas 634.935,06 ha, hutan produksi tetap 674.856,32 ha, hutan produksi darat dikonversi 79.030,44 ha, luas hutan dan perairan 2.995.284,67 ha.
Karena minimnya personel itu untuk mengantisipasi illegal logging di hutan kawasan Pemprov Sumut, Polhut diimbau agar tetap berkoordinasi dengan pihak polisi dan TNI menjaga di lapangan.
"Jadi jumlah Polhut saat ini 98 personel, seharusnya ada 1.000 personel. Memang di tahun 2020 sudah ada dilatih 35 personel untuk dijadikan Polhut yang direkrut dari ASN yang mau jadi Polhut, dan sudah diajukan ke BKD penambahan personel Polhut," kata Kadis LHK Sumut Yuliani Siregar kepada SIB baru-baru ini di ruang kerjanya.
Dijelaskan, dengan jumlah 98 personel Polisi Kehutanan dinilai tidak sanggup untuk mengawasi hutan yang ada sementara luas hutan yang dijaga DLHK Sumut cukup luas. Jadi tidak seimbang lagi luas hutan dengan jumlah personel, jadi perlu ada penambahan untuk mengawasi hutan di Sumut,” ujarnya.
"Jadi salah kita kalau Polhut itu tidak bekerja, tetapi semua bekerja sesuai tupoksi masing-masing dan itu sudah menjadi instruksi saya selaku Kadis LHK Sumut," ujar Yuliani Siregar.
Dijelaskan Yuliani, untuk menambah kurangnya personel Polisi Kehutanan selama ini, pihaknya sudah melakukan pelatihan kepada sejumlah ASN DLHK Sumut, tetapi langkah itu belum cukup karena jumlahnya sedikit. Jadi untuk menambah personel Polisi Kehutanan perlu ada penerimaan PNS di lingkungan Pemprov Sumut sementara hingga saat ini belum ada penerimaan PNS, katanya.
"Untuk tahun ini sudah ada pelatihan bagi ASN di lingkungan DLHK Sumut, mudah-mudahan dengan adanya penambahan puluhan personel itu bisa menambah personel yang sudah ada sehingga lebih banyak personel untuk mengawasi hutan lindung yang ada di Sumut," ujarnya.
Sementara terkait peralatan yang digunakan Polisi Kehutanan dalam mengawasi hutan di lapangan, seperti senjata api katanya, masih cukup. "Kalau persenjataan masih cukup tidak kurang dan masih bagus tinggal personel yang kurang. Jadi kami berharap kepada Pemerintah Pusat agar memberi ruang untuk penerimaan ASN di lingkungan Pemprov Sumut khususnya untuk anggota Polhut," harapnya. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com