Panja Vaksin DPR Minta BPK Audit Program Vaksinasi Covid-19

* Satgas Pastikan Biaya Perawatan Covid-19 Masih Ditanggung Negara

318 view
Panja Vaksin DPR Minta BPK Audit Program Vaksinasi Covid-19
Getty Images/iStockphoto/kiattisakch
Ilustrasi vaksin corona.

Jakarta (SIB)

Panitia Kerja (Panja) Pengawasan Vaksin Covid-19 DPR meminta Badan Pemeriksa Keuangan (BPK) melakukan audit terhadap program vaksinasi Covid-19 karena data pengadaan vaksin yang disediakan Kementerian Kesehatan tidak konsisten, kata Ketua Panja Emanuel Melkiades Laka Lena.


"Catatan rapat dari teman-teman Panja akan menjadi bagian dari surat Panja kepada BPK RI melalui pimpinan DPR," kata Melki dalam keterangan yang diterima di Jakarta, Kamis (2/6).


Selain itu, lanjutnya, saat mencermati data-data yang disajikan antarkementerian dan lembaga pemerintah non-kementerian (K/L), DPR menemukan data berbeda, bahkan antardirektorat dalam satu kementerian.


Oleh karena itu, dia mengatakan BPK memiliki otoritas sesuai undang-undang (UU) untuk melakukan audit lebih lanjut perihal data-data yang tidak konsisten tersebut.


Hal itu disampaikan Melki dalam rapat dengar pendapat (RDP) antara Komisi IX DPR dengan Kementerian Kesehatan, yang diwakili Dirjen Kefarmasian dan Alat Kesehatan (Farmalkes) dan Dirjen Pencegahan dan Pengendalian Penyakit (P2P), Kepala Badan Pengawasan Obat dan Makanan (BPOM), serta Direktur Utama Biofarma di Kompleks Parlemen Jakarta, Selasa (31/5).

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com