Senin, 22 Juli 2024

Relawan Ganjar Bangun Rumah Gizi dan Stunting di Desa Padasuka Banten

Redaksi - Senin, 24 Oktober 2022 09:53 WIB
346 view
Relawan Ganjar Bangun Rumah Gizi dan Stunting di Desa Padasuka Banten
Foto: Istimewa
Relawan Ganjar Bangun Rumah Gizi dan Stunting di Desa Padasuka Banten
Jakarta (SIB)

Relawan muda yang tergabung dalam Ganjar Milenial Center Banten mendirikan Rumah Gizi dan Stunting untuk membantu perbaikan gizi dan pencegahan stunting pada anak sejak dini. Program ini bertujuan untuk memberikan pelayanan kesehatan yang optimal kepada masyarakat, khususnya dalam menekan angka stunting di Banten yang tahun ini mencapai 37.787 kasus.

Koordinator Wilayah Ganjar Milenial Center Banten Cucu Komarudin menjelaskan rumah yang berlokasi di Desa Padasuka, Kecamatan Maja, Kabupaten Lebak itu akan dijadikan semacam pos untuk pelayanan kesehatan masyarakat. Ia berharap melalui program ini, kasus gizi buruk dan stunting yang terjadi di wilayah Banten dapat menurun.

"Kegiatan kami hari ini fokus perbaikan gizi dan penurunan stunting di Kabupaten Lebak. Artinya gizi buruk di sini banyak sekali maka dengan adanya kegiatan ini kami berharap gizi buruk yang statusnya tinggi, bisa turun artinya balita-balita di wilayah Banten ini bisa tumbuh sehat," ujar Cucu dalam keterangan tertulis, Minggu (23/10).

Ia mengungkapkan Rumah Gizi dan Stunting juga akan dibangun dalan tujuh tahap selama kurun waktu 1 tahun di seluruh kabupaten dan kota se-Banten. Cucu mengaku program ini terinspirasi sosok Ganjar yang terus menggencarkan penurunan angka stunting dengan beragam cara, seperti program Rumah Anak SIGAP dan program Jateng Gayeng Nginceng Wong Meteng.

Cucu menambahkan program Rumah Gizi dan Stunting Ganjar Milenial Center Banten juga akan terus berkelanjutan untuk membantu masyarakat. Hal ini sejalan dengan visi dan misi Ganjar Milenial Center Banten untuk terus mendukung Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo menjadi presiden di 2024.

"Program ini akan berkelanjutan sampai Ayah Ganjar menjadi Presiden Republik Indonesia karena ini bagian dari komitmen kami sebagai relawan Ayah Ganjar untuk mengangkat derajat ibu-ibu dan anak-anak usia dini yang mengalami gizi buruk," ucapnya.

Cucu menuturkan tak kurang dari 700 ibu-ibu yang hadir ke Rumah Gizi dan Stunting untuk memeriksakan anak mereka ke tenaga kesehatan yang telah bekerja sama dengan Ganjar Milenial Center Banten.[br]



Salah satunya adalah Siti Kadijah. Menurutnya, Rumah Gizi dan Stunting yang digagas Ganjar Milenial Center Banten itu sangat bermanfaat bagi masyarakat. Terlebih, lokasi desa mereka yang terbilang jauh dari fasilitas pelayanan kesehatan.

Siti berharap Rumah Gizi dan Stunting bisa didirikan di lebih banyak daerah yang masih kesulitan akses pelayanan kesehatan.

Sehingga, tumbuh kembang anak bisa lebih baik dan angka kasus stunting pada anak bisa terus menurun.

"Kegiatan ini bagus banget ya sangat bermanfaat bagi masyarakat seperti kami. Ke depannya saya berharap tidak hanya satu kali saja, apalagi dilihat sekarang antusias masyarakat benar-benar tinggi. Kalau bisa setiap bulan diadakan, atau misal datang langsung ke setiap pos gitu," tuturnya.

Siti juga menyampaikan keinginannya agar inspirasi dan motivasi dari sosok Ganjar dapat ditularkan kepada masyarakat, khususnya bagi kalangan milenial.

"Saya tahu Pak Ganjar dari TV ya, beliau kerjanya bagus dan ramah juga orangnya. Mudah-mudahan sesuai dengan inspirasi yang diberikan kepada semua orang, apa yang beliau bicarakan, apa programnya dan progresnya," pungkasnya. (detikcom/f)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Relawan AMIN dan Ganjar-Mahfud Deklarasi Lawan Pemilu Curang Bersama
Ada Provokator, Budiman Nadapdap Hentikan Deklarasi “Kolaborasi Relawan Ganjar”
Relawan Ganjar Targetkan Sumbang 10.000 Kantong Darah
Terima Relawan Ganjar, Sutarto Tekankan Pentingnya Kolaborasi
Relawan Ganjar Beri Bantuan Oli Gratis ke Sopir Truk
komentar
beritaTerbaru