Kamis, 30 Mei 2024 WIB

Setelah Penetapan, KPU Baru Terima Pengunduran Diri Caleg NasDem Ratu Wulla

Redaksi - Sabtu, 23 Maret 2024 12:25 WIB
292 view
Setelah Penetapan, KPU Baru Terima Pengunduran Diri Caleg NasDem Ratu Wulla
(ANTARA/Rio Feisal)
Tangkapan layar - Anggota KPU RI August Mellaz (kanan) saat menerima surat pengunduran diri caleg DPR RI Partai NasDem dari Dapil NTT II di Gedung KPU RI, Jakarta, Selasa (12/3/2024). 
Jakarta (SIB)
Komisi Pemilihan Umum (KPU) telah menetapkan hasil Pemilu 2024. KPU menyebut sampai saat ini baru ada satu caleg yang mengundurkan diri, yakni berasal dari Partai NasDem.
"Secara resmi kami baru mendapatkan calon yang berdasarkan hasil rekapitulasi yang memperoleh hasil terbanyak dan mengundurkan diri itu dari Partai NasDem untuk pemilu anggota DPR RI dari NTT," ujar Ketua Divisi Teknis KPU Idham Holik, di kantor KPU, Menteng, Jakarta Pusat, Kamis (21/3).
Idham menuturkan pihaknya hanya baru mendapatkan surat pengunduran diri resmi dari caleg Partai NasDem Ratu Ngadu Bonu Wulla dari daerah pemilihan (dapil) Nusa Tenggara Timur (NTT) II. Belum ada pengunduran diri dari caleg lain.
Menurut Idham, pengunduran diri dari status caleg merupakan hak politik dari setiap orang. Namun, kata dia, proses pengunduran diri tersebut harus disampaikan melalui parpol pengusungnya.
"Berkenaan dengan caleg yang mengundurkan diri, karena calon anggota legislatif itu diajukan daftarnya oleh partai politik, maka sebaiknya calon anggota legislatif yang sekiranya dia berpotensi terpilih dan ingin mengundurkan diri maka itu harus diproses ke parpol," jelasnya.
"Dan dalam aturan mengenai penetapan calon terpilih, memang memungkinkan calon anggota legislatif mengundurkan diri karena itu adalah bagian hak politik," sambung dia.
Untuk diketahui, dalam rekapitulasi Pemilu 2024, Ratu Wulla menempati posisi ketiga di NTT II dengan perolehan 76.331 suara. Ia berada dua tingkat dari politikus NasDem Viktor Bungtilu Laiskodat yang berada di posisi 5 dengan 65.359 suara.
Adapun surat pengunduran diri Ratu Wulla diberikan oleh saksi NasDem pada saat rapat rekapitulasi nasional Selasa (12/3). Ratu Wulla juga disebut telah menghadap Ketum Partai NasDem Surya Paloh untuk menyerahkan surat pengunduran diri sebagai caleg.(**)



Baca Juga:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Penetapan 40 Anggota DPRD Batubara Menunggu Putusan MK
Ditetapkan KPU, Ini Daftar 25 Anggota DPRD Kota Tanjungbalai
KPU Tetapkan 25 Anggota DPRD Tanjungbalai Hasil Pemilu 2024
Ini Perolehan Kursi dan 45 Caleg Terpilih untuk DPRD Labuhanbatu Hasil Pemilu 2024
Pengamat Penerbangan Berharap Penetapan 17 Bandara Internasional Tingkatkan Turis-Bisnis
24 April KPU Gelar Penetapan Presiden-Wakil Presiden Terpilih
komentar
beritaTerbaru