63 Titik di Nagori Negeri Bayu Muslimin Tapian Dolok Rawan Longsor


326 view
63 Titik di Nagori Negeri Bayu Muslimin Tapian Dolok Rawan Longsor
Foto Dok
Amat Simbolon
Tapian Dolok (SIB)
Sebanyak 63 titik tebing penahan dan jalan di Nagori Negeri Bayu Muslimin Kecamatan Tapian Dolok Kabupaten Simalungun Rawan Longsor. Hal itu dikatakan Pangulu Amat Simbolon kepada wartawan, Selasa (15/12)..

Dari total jumlah keseluruhannya, sekitar 58 titik tebing penahan yang rawan longsor itu berada di dibelakang rumah warga Huta 1 dan 2.

Sementara, untuk 5 titik jalan yang rawan longsor itu berada di daerah Jalan Utama, H Mansur, Ayahanda, Majusari dan Jalan Protokol.

Amat Simbolon menambahkan, bahwa warga sangat berharap tebing penahan yang berada di Nagorinya dibuat tembok, agar tidak terjadi luapan banjir ketika hujan turun yang bisa menyebabkan ancaman bagi mereka.

Dalam hal ini, pihak nagori berupaya melakukan pengusulan anggaran untuk penanggulangan dan perbaikan daerah rawan longsor tersebut di setiap Musrenbang.

Disebutkannya, kejadian bencana longsor pernah terjadi di Nagori Negeri Muslimin pada tahun 1984 menyebabkan 13 rumah rusak total, tahun 2010 sebanyak 8 rumah rusak, tahun 2017 ada 41 rumah rusak parah, 3 rumah rusak total dan terakhir tahun 2020 pada akhir November lalu sebanyak 42 rumah diterjang tanah longsor yang mengakibatkan 8 rumah rusak parah dan lainnya mengalami rusak ringan," ujarnya. (S09/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com