Minggu, 23 Juni 2024 WIB

Bupati Sergai Kunjungi Pembudidayaan Ikan Tilapia Milik RSI di Danau Toba

Redaksi - Senin, 20 Maret 2023 18:06 WIB
233 view
Bupati Sergai Kunjungi Pembudidayaan Ikan Tilapia Milik RSI di Danau Toba
Foto: Dok/Fitri Anggraini, Communications Regal Springs Indonesia
BERI PAKAN: Bupati Sergai H Darma Wijaya memberi pakan ikan Tilapia di sela kunjungannya ke lokasi budidaya ikan Tilapia mikik RSI di Danau Toba, Sabtu (18/3).
Sergai (SIB)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya mengunjungi lokasi budidaya ikan Tilapia milik Regal Springs Indonesia (RSI) di Kawasan Danau Toba, Sabtu (18/3).

Dalam kunjungan tersebut, Darma Wijaya didampingi Wakil Bupati Sergai H Adlin Tambunan, Sekdakab HM Faisal Hasrimy, Kepala Dinas Lingkungan Hidup Hedi Novria serta rombongan melihat secara langsung proses pembesaran ikan Tilapia.

Selain itu, pihak RSI juga mengenalkan tentang komitmen perusahaan dalam menjalankan operasional, khususnya budidaya ikan Tilapia secara bertanggungjawab dengan meminimalkan dampak terhadap lingkungan dengan mengurangi jejak ekologi, seperti program pemantauan dan pengujian kualitas air di laboratorium, proses panen, serta pemberian pakan ikan terapung rendah fosfor yang ramah lingkungan.

Lake Manager RSI, Friska S Saragih menjelaskan, program-program akuakultur yang berkelanjutan dan terintegrasi dengan keterlacakan optimal yang dijalankan perusahaan mulai dari pembenihan di Sergai hingga pembesaran ikan Tilapia di Danau Toba.

“Sebagai bagian dari pemenuhan standar lingkungan di wilayah operasional perusahaan serta melindungi ekosistem, kami memiliki inisiatif dan inovasi cara budidaya ikan yang bertanggungjawab diantaranya, pembenihan ikan Tilapia unggul di lokasi yang kami miliki sendiri, produksi ikan Tilapia dengan kualitas premium dan tertinggi dengan memerhatikan dampak dan jejak ekologi, program rutin uji sampling kualitas air dan endapan di Danau Toba secara berkala,” jelas Friska.[br]


Bupati Sergai, H Darma Wijaya menyikapi keseriusan perusahaan, dalam hal ini dengan mendukung RSI dalam menjalankan operasional yang berkelanjutan dan terintegrasi, mulai dari pembenihan, pembesaran hingga pengolahan.

“Dengan adanya pembenihan serta pabrik pengolahan RSI di Sergai, kami berharap ke depannya dapat lebih baik lagi, khususnya dalam peningkatan kapasitas produksi, sehingga dampak positifnya adalah membuka lebih banyak lapangan kerja, menjaga rantai pasokan pangan dan iklim investasi yang lebih kondusif terutama di Sumatera Utara,” ujar Darma Wijaya.

Atas komitmennya memenuhi dan mematuhi persyaratan serta standar yang berlaku pada industri akuakultur, RSI telah mendapatkan sertifikasi tertinggi baik secara nasional maupun dari badan sertifikasi independent internasional, diantaranya sertifikasi Cara Budidaya Ikan yang Baik (CBIB), Best Aquaculture Practices (BAP), Aquaculture Stewardship Council (ASC), dan BRCGS Global Food Safety Standard. (SS11/a)








Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Sergai Bantu Korban Puting Beliung di Perbaungan
Sejarah Berdiri dan Arti Google, Ternyata gara-gara 'Salah Ketik'
Bupati Sergai: Dengan Berkurban Perkuat Rasa Solidaritas dan Peduli Sesama
Shalat Idul Adha di Jakarta Islamic Centre Dipimpin Imam Besar Masjid Al Aqsho Palestina
Sambut Hari Bhayangkara ke-78, Polres Tanjung Balai Bersihkan Rumah Ibadah
Menko Luhut Terima Gelar Profesor Kehormatan dari Tsinghua University
komentar
beritaTerbaru