Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Serahkan Bantuan Sapi dan Kerbau


501 view
Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut Serahkan Bantuan Sapi dan Kerbau
Foto SIB/Frans Simanjuntak
FOTO BERSAMA : Anggota DPRD Provinsi Sumut, Irwan Simamora foto bersama dengan perwakilan Dinas Perkebunan dan Peternakan Sumut dan pengurus dan anggota Kelompok Tani, Kamis (7/9/2023). 

Humbahas (harianSIB.com)

Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara menyerahkan bantuan bibit ternak sapi dan kerbau sebanyak 20 ekor kepada dua kelompok tani di Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Kamis (7/9/2023).

Untuk bantuan ternak sapi sebanyak 10 ekor diserahkan oleh Agustina Perangin-angin mewakili Dinas Perkebunan dan Peternakan Provinsi Sumatera Utara kepada Kelompok Tani Marsitoguan, Desa Pariksinomba, Kecamatan Doloksanggul. Sementara untuk ternak kerbau sebanyak 10 ekor diserahkan kepada Kelompok Tani Ternak Sempurna, Desa Simarigung, Kecamatan Doloksanggul.

Penyerahan bantuan ternak itu dihadiri anggota DPRD Sumut Fraksi Hati Nurani Rakyat (Hanura), Irwan Simamora SH, Kadis Peternakan dan Perikanan, Parman Lumban Gaol, dan pengurus dan anggota kelompok tani penerima bantuan.

Irwan Simamora saat diwawancarai usai penyerahan bantuan itu menjelaskan, bantuan ternak sapi dan kerbau itu bersumber dari dana APBD Provinsi Sumatera Utara TA 2023 di Dinas Perkebunan dan Peternakan. Bantuan yang sama, kata dia, juga telah diberikan pada tahun-tahun sebelumnya.

“Untuk Kabupaten Humbang Hasundutan, baru dua kelompok tani ini yang bisa kita perjuangkan mendapatkan bantuan ternak sapi dan kerbau. Tapi selain itu, pada tahun ini ada juga program bantuan bibit ternak ayam dan itik, bibit tanaman seperti kopi, durian, jengkol, pete dan tanaman lainnya. Itu semua berdasarkan permohonan dari masyarakat dan kita sampaikan kepada instansi terkait di Pemerintah Provinsi Sumatera Utara,” kata Irwan.

Anggota dewan dari Dapil Sumut IX yang juga Ketua DPC Partai Hanura Kabupaten Humbahas itu mengharapkan, program itu bisa berhasil dan bermamfaat buat masyarakat khususnya pengurus dan anggota kelompok tani penerima bantuan.

“Kita harapkan, petani bisa merawat dan memanfaatkan ini dengan sebaik-baiknya, sehingga dapat memberikan manfaat buat usaha-usaha pertanian dan juga menambah mata pencaharian pengurus dan anggota kelompok tani,” ucapnya.

Ditambahkanya, dalam menjalankan program itu, pihaknya juga melibatkan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Humbahas untuk memfasilitasi dan memantau perkembangbiakan ternak tersebut supaya berhasil dan berkembangbiak dengan baik.

“Kita tetap melihat keberhasilan yang ada. Kalau bantuan ini nanti jadi sia-sia atau gagal, tidak mungkin kita teruskan. Jadi, tetap kita evaluasi. Makanya kita libatkan juga dinas terkait Dinas Peternakan Kabupaten Humbang Hasundutan, supaya mereka bisa melakukan monitoring dan memfasilitasi untuk mengembangbiakkan ternak tersebut. Termasuk menyediakan konsentratnya (pakan ternak) vitamin, dan obat-obatannya,” pungkasnya.

Mewakili Kelompok Tani Marsitoguan, Mangoloi Purba didampingi pengurus dan anggota kelompok tani, menyampaikan terimakasih kepada Pemerintah Sumut, Pemkab Humbahas dan terkhusus kepada anggota DPRD Sumut, Irwan Simamora yang telah berjuang untuk merealisasikan permohonan mereka kepada pemerintah.

“Terimakasih kami sampaikan kepada Pemerintah Sumatera Utara, Pemkab Humbang Hasundutan, dan terkhusus kepada bapak Irwan Simamora atas perjuangannya selama tiga tahun untuk merealisasikan bantuan ini. Apa yang menjadi cita-cita bapak semoga dikabulkan Tuhan,” ucapnya. (BR7)

Editor
: Robert/Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com