Hingga November 2021, PT Jasa Raharja Sumut Salurkan Rp 154 M bagi Korban Laka


319 view
Hingga November 2021, PT Jasa Raharja Sumut Salurkan Rp 154 M bagi Korban Laka
(Foto: SIB/Roy Marisi Simorangkir)
PASANGKAN HELM: Kepala PT Jasa Raharja cabang Sumut Thamrin Silalahi, didampingi Agung Abimanyu memasangkan helm kepada wartawan dalam acara media gathering, di Kantor PT Jasa Raharja Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (22/12/2021). 

Medan (harianSIB.com)

PT Jasa Raharja Sumut mengaku telah menyalurkan santunan Rp154,33 miliar kepada korban kecelakaan lalulintas (laka lantas) di seluruh wilayah Sumut hingga November 2021.


"Jumlah santuan yang disalurkan itu terdiri atas santunan Rp88,171 miliar bagi korban meninggal dan Rp66,16 miliar lainnya bagi korban luka-luka," kata Kepala PT Jasa Raharja cabang Sumut, Thamrin Silalahi, dalam acara media gathering, di Kantor PT Jasa Raharja Jalan Gatot Subroto Medan, Rabu (22/12/2021), seperti dilaporkan jurnalis Koran SIB Roy Marisi Simorangkir.


Sementara untuk santunan di seluruh wilayah Indonesia, katanya, PT Jasa Raharja Putra telah menyalurkan Rp2,15 triliun, yang terbagi atas Rp1,713 triliun bagi korban meninggal dunia dan Rp981 miliar lainnya untuk yang mengalami luka-luka.


Dijelaskannya, jumlah yang disalurkan PT Jasa Raharja Sumut tersebut cenderung menurun sekira 8 persen dibanding santunan pada 2020 yang mencapai Rp168 miliar.


"Angka kecelakaan menurun, santunan juga menurun. Frekuensi kecelakaan di Sumut pada tahun ini cenderung menurun bila dibandingkan tahun 2020 lalu," tambahnya.

Dipaparkan, dalam pelaksanaannya pihak PT Jasa Raharja menyalurkan santunan Rp50 juta kepada korban meninggal dunia dan Rp20 juta bagi korban luka-luka. Tak hanya itu, pihaknya juga menyiapkan biaya penguburan Rp4 juta bagi korban meninggal dunia yang tidak memiliki ahli waris.


Sesuai undang-undang, akunya, pihaknya diberi waktu 3 hari untuk menyalurkan santunan para korban laka lantas. Namun untuk meningkatkan kualitas pelayanan kepada masyarakat, sebutnya, pihaknya telah berhasil menyalurkan santunan dalam kurun waktu 18 jam (1 hari 12 jam).


Menurutnya, salah satu penyebab menurunnya angka laka lantas tahun 2021, karena penerapan PPKM di seluruh kabupaten/kota di Sumut untuk menekan penyebaran Covid-19. Sedangkan untuk penyebab kecelakaan, terangnya, didominasi akibat faktor kelalaian pengemudi kendaraan bermotor.


Diungkapkan, selama ini pihaknya terus menjalin koordinasi dan kerja sama dengan Ditlantas Polda Sumut, Dinas Perhubungan Sumut dan Organda untuk melakukan sosialisasi pencegahan kecelakaan dan ajakan agar masyarakat tertib dalam berlalulintas.


Sementara itu, Kepala Bagian Operasional PT Jasa Raharja Cabang Sumut Agung Abimanyu mengaku, untuk mendukung pengamanan Natal dan Tahun Baru 2022 (nataru), pihaknya mengerahkan seluruh personel yang berjumlah 106 orang untuk membantu di pos pengamanan dan pelayanan.


"Kami akan mengedukasi masyarakat untuk tertib berlalulintas dalam perjalanan, serta menyiapkan tes alkohol dan narkoba bagi pengemudi untuk mencegah kecelakaan," jelasnya.


Dalam kegiatan itu, Kepala PT Jasa Raharja cabang Sumut Thamrin Silalahi didampingi Kepala Bagian Operasional Agung Abimanyu memasangkan helm kepada wartawan peserta media gathering, untuk menyampaikan kepada masyarakat pentingnya disiplin dalam berlalulintas. (*)

Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com