LMPI Beri Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Kades yang Baru Dilantik


98 view
LMPI Beri Pemahaman Wawasan Kebangsaan ke Kades yang Baru Dilantik
Foto dok/Diskominfo
PUKUL: Wabup Deliserdang HMA Yusuf Siregar didampingi Kadis PMD Khairul Azman dan disaksikan lainnya menutup pelatihan wawasan kebangsaan kepada para Kades yang baru dilantik di Berastagi, Rabu (10/8).

Lubukpakam (SIB)

Lembaga Mitra Pembangunan Indonesia (LMPI) memberikan pemahaman wawasan kebangsaan kepada para Kepala Desa (Kades) gelombang II yang baru dilantik.

Dengan selesainya pelatihan diharapkan para Kades mampu menerapkan semangat kebangsaan di desa masing-masing.

Hal itu diketahui saat Wakil Bupati (Wabup) Deliserdang, HM Ali Yusuf Siregar menutup Bimbingan Teknis Wawasan Kebangsaan Kades se-Kabupaten Deliserdang di Hal Berastagi Cottage, Jalan Gundaling, Berastagi, Karo, Rabu (10/8).

Dikatakan Wabup, dalam pelaksanaan tugas dan fungsi Kades, harus berpegang teguh melaksanakan empat konsensus data dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara.

Yaitu Pancasila, Undang-Undang Dasar (UUD) 1945, Negara Kesatuan Republik Indonesia (NKRI) dan Bhineka Tunggal Ika.

"Jika Kades sudah memiliki wawasan kebangsaan yang kuat, maka tentu akan mencegah Kades dari segala bentuk tindak penyimpangan hukum," tegas Wabup.

Oleh karena itu, terang Wabup, Bimbingan Teknis Wawasan Kebangsaan bertujuan membekali Kades baru terpilih agar bisa membangun rasa persatuan dan kesatuan berbangsa.

Kemudian dapat menanamkan wawasan kebangsaan di lingkungan pemerintah desa, sehingga akan meningkatkan kerjasama dengan seluruh komponen masyarakat.

Sebelumnya, Ketua Panitia Bimtek Wawasan Kebangsaan, Sumardi SPd dari LMPI berharap para Kades bisa memberi semangat kebangsaan di desa masing-masing. Disebut membangun desa tidak terlepas dari empat konsensus.

"Tentu ini menjadi satu harga mati dalam rangka membangun desanya masing-masing, melaksanakan tugas pokok dan fungsi (Tupoksi) sebagai kepala pemerintahan di desa masing-masing," ucapnya.

Turut hadir pada penutupan bimtek tersebut, Kasdim 0204 /DS, Mayor CZI TM Panjaitan, Kepala Dinas Pemerintah Masyarakat dan Desa (PMD), Drs Khairul Azman MAP, Kepala Badan Kesatuan Bangsa dan Politik (Kesbangpol), Drs Zainal Abidin Hutagalung, Sekertaris Dinas KominfoStan, Safii Sihombing SIP MAP, Ketua Asosiasi Pemerintahan Desa Seluruh Indonesia (Apdesi) Kabupaten Deliserdang, Hajeman dan lainnya. (C3/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com