LPPM IT Del Laguboti Rilis Aplikasi TOEFL


169 view
LPPM IT Del Laguboti Rilis Aplikasi TOEFL
Foto Dok
Del ToP TOEFL Preparation
Toba (SIB)
Lembaga Penelitian dan Pengabdian kepada Masyarakat (LPPM) Institut Teknologi (IT) Del Laguboti melalui tim yang terdiri dari dosen dan mahasiswa IT Del, Kamis (3/6) lalu merilis aplikasi Persiapan TOEFL berbasis android, dalam rangka pelaksanaan Penelitian Dana Hibah Internal tahun 2021.

Demikian disampaikan Ketua Tim Peneliti, Monalisa Pasaribu SS MEd (TESOl) kepada SIB, Jumat (5/11).

Aplikasi yang bernama ‘Del ToP TOEFL Preparation’ merupakan salah satu luaran dari penelitian tim yang berjudul ‘Improving TOEFL Score Through TOEFL App Development’.

Dijelaskannya, aplikasi Del ToP TOEFL App ini berisikan video penjelasan materi, latihan soal, dan complete test dari Listening, Structure and Written Expression dan Reading Comprehension yang dibuat tim peneliti terdiri dari 3 orang dosen IT Del beserta 4 orang mahasiswa IT Del.

Tim peneliti yakni Monalisa Pasaribu, SS, M.Ed (TESOL) sebagai ketua peneliti, Juli Yanti Damanik, S.S., M.TESOL, dan Tahan Hino Juardi Sihombing, S.Pd.,M.AppLing (TESOL), serta 3 orang mahasiswa dari program studi D3 Teknologi Informasi yakni Asido Agripo Panjaitan, Julius Samosir dan Hotma Aruan dan 1 orang dari program studi S1 Informatika, Gunado Siregar sebagai anggota tim peneliti.

Diterangkannya, TOEFL adalah singkatan dari Test of English as Foreign Language atau Tes Bahasa Inggris sebagai bahasa asing yang diperlukan bagi para pelajar di negara-negara yang bahasa utamanya bukan bahasa Inggris, tetapi ingin melanjutkan studi ke negara-negara yang bahasa resminya adalah bahasa Inggris, seperti Amerika Serikat, Kanada, dan negara-negara Eropa Barat untuk pelajar dari negara berbahasa non-bahasa Inggris tersebut dapat mengikuti perkuliahan di negara berbahasa Inggris dengan baik.

Di Indonesia, TOEFL bahkan digunakan juga untuk persyaratan bagi penerimaan karyawan baru di instansi pemerintah, perusahaan pemerintah dan swasta, syarat pengajuan beasiswa, baik dari pemerintah maupun swasta, dan lain sebagainya.

Aplikasi Del ToP TOEFL App ini telah digunakan sebagai salah satu materi pendamping untuk pengajaran TOEFL di Institut Teknologi Del. Aplikasi ini juga sudah tersedia melalui platform Google Playstore dengan kata kunci ‘Del ToP TOEFL Preparation’ sehingga dapat diakses oleh masyarakat luas secara gratis. Aplikasi ini diharapkan dapat meningkatkan performansi dari peserta pada test TOEFl ITP yang menawarkan materi persiapan test yang lengkap dan sangat bermanfaat untuk yang ingin belajar mandiri dalam persiapan TOEFL. (G1/c)
Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com