Menteri Perekonomian Sarankan Pedagang Pinjam Dana ke Bank Bukan ke Rentenir


124 view
Menteri Perekonomian Sarankan Pedagang Pinjam Dana ke Bank Bukan ke Rentenir
Foto: harianSIB.com/ Aperilman Rambe
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati saat berinteraksi  dengan pedagang di halaman Polrestabes Medan,  Kamis (9/9/2021).
Medan (harianSIB.com)
Menteri Perekonomian Airlangga Hartarto menyarankan pedagang mengambil pinjaman dana ke bank agar tidak terjebak pinjaman uang dari rentenir dalam mengembangkan usahanya.

Hal tersebut dikatakan Airlangga saat berkunjung ke Polrestabes Medan bersama Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati dalam rangka penyaluran Bantuan Tunai Untuk Pedagang Kaki Lima dan Warung (BTPKLW), Kamis (9/9/2021).

Menurut dia, dengan pinjaman dana dari pemerintah yang disalurkan dengan bank Himbara dapat membantu memulihkan kondisi ekonomi para pedagang.

"Tolong berani mengutang, jangan dari rentenir. Ini saya lihat jualannya sudah lebih dari 1-2 tahun," kata Airlangga Hartarto.

Menanggapi hal itu, seorang pedagang mengaku khawatir jika meminjam uang ke bank tak mampu membayar. "Takut pak. Takut mati," kata seorang pedagang ayam penyet.

Pedagang lain, Eva yang mempunyai usaha bakso goreng dan bakar menceritakan selama pemberlakuan PPKM usahanya tutup dan pendapatannya turun 50 persen.

"Biasanya bisa dapat Rp 100 ribu ini hanya Rp 50 ribu bahkan kadang Rp 20 ribu," keluh Eva ke Sri Mulyani.

Menanggapi kekhawatiran pedagang, Sri Mulyani Indrawati menyebutkan kalau meminjam ke bank bunga yang diberikan kepada UMKM kecil.

"Kalau minjam ke bank bunganya kecil, cuma 3 persen. Jangan takut," ucap Sri Mulyani sembari bertanya, Bagaimana, mau ya?


Sri Mulyani juga menyebutkan saat ini pemerintah sedang memerangi Covid-19. Dia meminta ke masyarakat agar lebih banyak menghabiskan waktu di rumah saja.

"Kita tahu pasti berat. Makanya Menko datang ke sini untuk program ini dimana PKL pasti terdampak," tutupnya.

Tampak hadir bersama 2 menteri itu yakni Kabareskrim Mabes Polri Komjen Agus Andrianto, Kapoldasu Irjen Pol Panca Irjen Pol Drs RZ Panca Putra Simanjuntak, Wakapoldasu Brigjen Pol Dadang Hartanto, para PJU. Pangdam I/BB Mayjen TNI Hassanudin, Gubsu Edy Rahmayadi, Wagubsu Musa Rajekshah, Wali Kota Medan Bobby Nasution, Kapolrestabes Medan Kombes Pol Riko Sunarko, para PJU, pejabat publik serta para pedagang kecil yang akan diberikan bantuan.(*)

Penulis
: Aperilman Rambe
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com