PT KSS Labura Diduga Tanam Sawit di DAS


217 view
PT KSS Labura Diduga Tanam Sawit di DAS
(Foto: SIB/Jepri Nainggolan)
SAWIT DI DAS: Tanaman sawit di DAS Sungai Simangalam, diduga milik PT KSS Desa Persatuan, Desa Simangalam, Kecamatan Kualuhselatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura), Sabtu (23/10). 
Aekkanopan (SIB)
PT KSS (Karya Sari Sentosa) Desa Persatuan, Desa Simangalam, Kecamatan Kualuhselatan, Kabupaten Labuhanbatu Utara (Labura) diduga menggarap Daerah Aliran Sungai (DAS) di aliran Sungai Simangalam, Sabtu (23/10).

Informasi yang diperoleh, perusahaan tersebut menanami DAS dengan kelapa sawit di beberapa titik yang tersebar dibantaran sungai tersebut. Meski dampak DAS ditanami kelapa sawit cukup besar, tetapi perusahaan ini seakan tidak perduli. Puluhan tahun DAS terus digarap meski areal tersebut disinyalir berada di luar dari izin Hak Guna Usaha (HGU).

Disamping dampak penggarapan DAS yang sangat beresiko bagi lingkungan, hasil dari tanaman kelapa sawit di jalur liar tersebut juga tidak diketahui pasti apakah dikenakan pajak atau tidak sama sekali," ujar para nelayan kepada wartawan.

"Lihat aja di sepanjang tepi bantaran sungai banyak ditanami pohon sawit oleh pihak perusahaan, dan tanaman itu sudah berumur 5 tahun yang siap panen. Ini menyalahi aturan, karena itu merupakan bantaran sungai yang dilarang ditanami sawit. Sesuai ketentuan rencana tata ruang yang hingga saat ini masih berlaku, tapi ini tidak digubris perusahaan," katanya.

Camat Kualuhselatan Suwedi, ketika dikonfirmasi wilayah DAS yang ditanami sawit oleh pihak perkebunan, mengatakan belum tau masalahnya dan baru ini mendengarnya dan meminta waktunya untuk mencari informasi terkait hal tersebut, katanya.

Sementara, Askep PT KSS Danu Umbara dikonfirmasi via seluler mengatakan, ia tidak mengetahui pasti dimana ditanam sawitnya. Karena, lahan di daerah itu, ada juga lahan ditanami masyarakat. "Kalau yang kita tanami ada, dua saja untuk penahan benteng, disebelah lainya, saya kurang tau, coba saya cek dulu," katanya. (E8/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com