Pemkab Sergai Terus Berupaya Mantapkan Program Relokasi Pedagang Pekan Lelo


118 view
Pemkab Sergai Terus Berupaya Mantapkan Program Relokasi Pedagang Pekan Lelo
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
PASANG: Personel Sat Pol PP Pemkab Sergai bersama jajaran OPD terkait lainnya bergotong royong memasang terpal serta membersihkan area lapak-lapak di Pasar Rakyat Seirampah yang akan digunakan eks-pedagang Pekan Lelo sebelum direlokasi, Jumat (22/10). 
Sergai (SIB)
Pemerintah Kabupaten Serdangbedagai (Pemkab Sergai) terus berupaya memantapkan program relokasi para pedagang Pekan Lelo ke Pasar Rakyat Seirampah. Tidak hanya tempat, pemerintah juga menyediakan sejumlah fasilitas pendukung yang layak digunakan pedagang.

Demikian dikatakan Kadis Kominfo Sergai H Akmal ketika dihubungi SIB, Minggu (24/10), terkait sudah sejauhmana perkembangan proses relokasi pedagang Pekan Lelo ke Pasar Rakyat Seirampah.

Akmal menyampaikan, pada Jumat (22/10) lalu, jajaran Sat Pol PP dan OPD terkait lainnya sudah turun ke lokasi relokasi untuk merapikan ratusan lapak bagi eks pedagang Pekan Lelo.

"Personel Sat Pol PP diturunkan guna memasang terpal dan juga membersihkan areal pasar agar lebih tertata dan terlihat rapi. Ini adalah lanjutan dari bentuk perhatian Pemkab Sergai terhadap pedagang yang bakal direlokasi," ujarnya.

Dia juga merinci, berdasarkan informasi dari Sekdis Perindagsar Roy S Pane, saat ini total ada 11 blok lapak yang bisa menampung sekitar 185 orang pedagang. Kemudian, pedagang Pekan Lelo yang berdagang di lapak-lapak tersebut tidak akan dikenai biaya sewa sepeser pun.

"Relokasi ini memiliki banyak tujuan. Mulai dari penegakan Perda Nomor 7 Tahun 2018, hingga usaha untuk menata Kecamatan Seirampah sebagai wajah ibukota Kabupaten Serdangbedagai. Kita berharap, Pasar Rakyat tetap menjadi ruang kegiatan ekonomi masyarakat yang mampu menjamin kenyamanan dan keamanan bagi seluruh warga yang beraktivitas di dalamnya," harap Akmal.

Terpisah, Ketua Dewan UKM Sergai Budi Sumalim mengapresiasi langkah Pemkab Sergai lantaran tidak hanya menghentikan operasional pasar ilegal, tapi juga memberi jalan keluar yang solutif bagi para pedagang.

Budi pun mengharapkan supaya seluruh pihak dapat terus bersinergi dalam membangun dan membangkitkan kembali perekonomian Kabupaten Sergai, khususnya di masa pandemi maupun pasca pandemi Covid-19.

"Saya berharap, kerjasama dan gotong royong bisa terus terjalin antara kepala desa, Camat sampai ke OPD terkait. Semoga, tujuan baik yang menjadi dasar relokasi ini dapat dipahami dan kemudian dijalankan sebaik-baiknya," ucapnya.

Sementara itu, Plt Camat Seirampah Rahmat Suhendra Damanik mengungkapkan, sarana dan prasarana di area relokasi sudah cukup mumpuni untuk kegiatan transaksi jual beli.

"Ke depan, kami akan terus melakukan peningkatan kualitas fasilitas pasar ini, demi menjamin kenyamanan bagi kalangan pedagang. Lintas OPD juga turut dilibatkan untuk mendukung terlaksananya hal tersebut," bebernya. (C4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com