Perumda Tirtauli Pematangsiantar Peringkat II BUMD Air Minum se-Sumut Tahun 2021


323 view
Perumda Tirtauli Pematangsiantar Peringkat II BUMD Air Minum se-Sumut Tahun 2021
Foto: Istimewa
PDAM Tirtauli.

Pematangsiantar (SIB)

Bedasarkan penilaian Badan Peningkatan Penyelenggaraan Sistem Penyediaan Air Minum (BPPSPAM) Kementerian Pekerjaan Umum Perumahan Rakyat (PU-PR) Republik Indonesia (RI), Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtauli Pematangsiantar meraih peringkat II Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) air minum se Sumatera Utara (Sumut) tahun 2021.


"Pesimisme yang dirasakan masyarakat Kota Pematangsiantar beberapa tahun lalu akan kemampuan Perumda Tirtauli untuk maju, kini sudah berhasil ditepis lewat berbagai inovasi dan prestasi yang telah diraih. Tentu, semuanya tidak terlepas dari konsistensi dan solidaritas jajaran direksi dan seluruh karyawan," kata Dirut Perumda Tirtauli Pematangsiantar, Zulkifli Lubis MT melalui anggotanya, Nurdin kepada SIB, Rabu (6/4).


Seperti diketahui, untuk mengukur kinerja BUMD sesuai dengan Permendagri nomor 47 tahun 1999 adalah lewat audit kinerja yang dilakukan oleh BPKP, penilaian kinerja tersebut terdiri dari, penilaian kinerja Kemendagri dan penilaian Kinerja BPPSPAM Kementerian PU-PR. Dari semua proses penilaian, tahun 2021 Perumda Tirtauli Pematangsiantar dinyatakan peringkat ke 2 se-Sumatera Utara.


Prestasi tersebut juga dicantumkan dalam buku kinerja BUMD Air Minum 2021, yang diterbitkan oleh Direktorat Jenderal (Ditjen) Cipta Karya. Buku tersebut menjadi referensi dalam mengukur tingkat kinerja manajemen, efisiensi dan efektivitas pengelolaan layanan air minum Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) se-Indonesia.


Terpisah, salah seorang masyarakat Pematangsiantar sekaligus pelanggan Perumda Tirtauli, Benny Saragih mengapresiasi berbagai inovasi dan kemajuan Perumda Tirtauli Pematangsiantar, yang sudah memberikan kepuasan kepada pelanggan, seperti pengoperasian layanan mobil tangki air gratis untuk kawasan yang mengalami kendala, menyediakan layanan informasi pembayaran secara online, dan juga meraih penghargaan bergengsi Perpamsi award tahun 2021 kategori BUMD air minum sehat dengan dukungan komitmen penyertaan modal daerah.


"Kita akui, jauh lebih baik pelayanan Perumda Tirtauli yang sekarang dibandingkan dulu. Kita berharap, perusahaan agar konsisten dan tetap solid untuk berkontribusi bagi kemajuan Kota Pematangsiantar, pasti nanti akan lebih baik, dan Pematangsiantar akan lebih maju lagi," kata Benny. (D8/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com