Kamis, 25 Juli 2024

Piala Adipura Diarak dari Bandara Silangit ke Doloksanggul

Redaksi - Rabu, 01 Maret 2023 20:16 WIB
295 view
Piala Adipura Diarak dari Bandara Silangit ke  Doloksanggul
Foto: harianSIB.com/Frans Simanjuntak
SAMBUT : Barisan siswa-siswi SMP Doloksanggul tampak berdiri di sepanjang Jalan Sisingamangaraja Doloksanggul menyambut arak-ar
Humbahas (harianSIB.com)
Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas) mengarak Piala Adipura melintasi Kecamatan Paranginan, Kecamatan Lintongnihuta dan Kecamatan Doloksanggul.
Rute iring-Iringan rombongan Pemkab Humbahas yang menggunakan puluhan unit mobil dinas, truk pengangkut sampah, mobil ambulance, mobil pemadam kebakaran (Damkar), dan beberapa kendaraan pribadi itu dimulai dari Bandara Internasional Silangit Siborong-borong hingga ke pusat Kota Doloksanggul, Rabu (1/3/2023) sore.
Iring-iringan rombongan disambut barisan siswa SMP dan guru-guru di sepanjang jalan dengan mengenakan Ulos Batak.
Mereka melambaikan tangan dan bersorak-sorai atas raihan Anugrah Adipura Kategori Kota Kecil tersebut.
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor melalui Sekretaris Daerah Kabupaten (Sekdakab) Tonny Sihombing mengatakan, arak-arakan itu dilakukan sebagai bentuk syukur dan terima kasih kepada Tuhan Yang Maha Kuasa serta motivasi kepada masyarakat Humbahas untuk menjaga kebersihan lingkungan dan sekitarnya.
"Pemerintah Kabupaten Humbang Hasundutan mengarak Piala Adipura di sejumlah ruas jalan utama di beberapa kecamatan. Artinya, arak-arakan ini adalah sinyal kepada seluruh masyarakat kita bahwa hasil yang diraih ini merupakan milik kita bersama," ucap Tonny.
Lebih lanjut disampaikan, keberhasilan Pemkab Humbahas membawa Piala Adipura berkat adanya kerja sama semua pihak dalam menjaga lingkungan agar tetap bersih dengan manajemen pengelolaan sampah yang baik .
“Kita tidak berhenti dengan Piala Adipura ini. Tentunya kami lebih termotivasi untuk membangun komitmen dalam memikirkan hal-hal kebersihan dengan mendorong semua pihak maupun masyarakat agar tetap peduli dan berpartisipasi menjaga kebersihan,” ungkapnya.
Dia menambahkan, Piala Adipura baru pertama kali diperoleh Kabupaten Humbahas semenjak dimekarkan pada tahun 2003 lalu.
Hal itu menjadi tantangan tersendiri buat pemerintah dan masyarakat Humbahas untuk bisa mempertahankan piala itu di tahun-tahun berikutnya.
“Ke depan Piala Adipura ini harus kita pertahankan sebab sudah dinantikan kurang lebih 17 tahun. Dan yang pasti, kita sangat berbangga hati karena ini baru pertama kali sepanjang sejarah berdirinya Kabupaten Humbang Hasundutan. Tapi jangan membuat puas diri dulu. Justru capaian tersebut harus jadi motivasi dan tolak ukur agar meraih hasil yang lebih baik lagi ke depannya," pungkasnya.
Sebelumnya, Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor menerima Penghargaan Anugerah Adipura 2022 Kategori Kota Kecil dari pemerintah pusat melalui Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan (LHK) RI, Siti Nurbaya Bakar di Auditorium Dr Soedjarwo, Gedung Manggala Wanabakti, Jalan Gatot Subroto, Jakarta Pusat, Selasa (28/2/2023). (BR7)


Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
komentar
beritaTerbaru