Soft Opening Taman Konservasi PT Socfindo Dihadiri Menteri BUMN dan Mendag

* Bupati Sergai : Pengembangan Komoditas yang Berbasis Wisata Alam

243 view
Soft Opening Taman Konservasi PT Socfindo Dihadiri Menteri BUMN dan Mendag
Foto: SIB/Bonny Sembiring
TINJAU : Menteri BUMN Erick Thohir (dua dari kiri) bersama Menteri Perdagangan M Lutfi, Wagub Sumut Musa Rajekshah dan Bupati Sergai Darma Wijaya beserta lainnya ketika meninjau keberadaan taman konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat milik PT Socfindo Bangun Bandar di Desa Martebing, Kecamatan Dolokmasihul, Jumat (25/6).
Sergai (SIB)
Bupati Serdangbedagai (Sergai) H Darma Wijaya mengatakan, taman konservasi milik PT Socfindo Bangun Bandar merupakan satu bentuk inovasi pengembangan komoditas yang berbasis wisata alam di daerah itu.

"Selain pengembangan komoditas, taman konservasi ini juga sebagai taman edukasi dan pemberdayaan masyarakat, khususnya yang tinggal di sekitar areal perkebunan PT Socfindo Bangun Bandar," ujar Darma Wijaya saat memberikan sambutannya dalam kegiatan soft opening Taman Socfindo Conservation di Desa Martebing, Kecamatan Dolokmasihul yang dihadiri Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) Erick Thohir, Menteri Perdagangan M Lutfi dan Wakil Gubernur Sumatera Utara (Wagub Sumut) Musa Rajekshah serta unsur lainnya, Jumat (25/6).

Lebih lanjut Bupati menyatakan, dengan berdirinya taman tersebut, maka pengembangan usaha di bidang pertanian, baik tanaman pangan, hortikultura maupun perkebunan memiliki potensi yang cukup besar. Pasalnya, potensi tersebut didukung areal yang memadai.

"Apabila sumber daya lahan atau taman konservasi ini terus dikelola secara baik dan ditambah dengan masukan teknologi budidaya yang sempurna, maka pemerintah akan mampu meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat sekitar," ucapnya.

Darma Wijaya yang kerap disapa Wiwik itu pun menjelaskan, saat ini PT Socfindo adalah perusahaan perkebunan yang dianggap memiliki kreativitas dalam merancang pengembangan usaha.

Hal tersebut, akunya, ditunjukkan dari sisi pengembangan kawasan perkebunan yang kini terkoneksi dengan agroindustri, pengembangan komoditas perkebunan berbasis agrowisata ataupun pendekatan lain yang dapat memberikan nilai tambah perusahaan.

"Oleh karenanya, melalui soft opening taman konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat di Kebun Socfindo Bangun Bandar Dolokmasihul ini diharapkan mampu secara terus menerus mengembangkan inovasi usahanya demi mendongkrak kesejahteraan masyarakat," ungkap Bupati sembari menambahkan kiranya keberadaan taman tersebut juga mendapat dukungan oleh berbagai pihak, terutama terkait peningkatan infrastruktur (jalan) dan sarana transportasi.

Sementara itu, Menteri BUMN Erick Thohir mengapresiasi keberadaan taman konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat milik PT Socfindo Bangun Bandar tersebut. Pasalnya, taman itu dinilai memiliki potensi besar dalam mengelola segala sumber daya yang ada, khususnya di wilayah Serdangbedagai.

"Bukan tidak mungkin, dari taman konservasi ini ke depannya memiliki komoditas unggulan yang bisa diekspor ke luar negeri," katanya.

Amatan wartawan, usai menandatangani prasasti taman konservasi, edukasi dan pemberdayaan masyarakat itu, Menteri BUMN bersama Menteri Perdagangan, Wagub Sumut dan Bupati Sergai berkesempatan untuk mengelilingi taman serta melihat-lihat berbagai hasil komoditas/kearifan lokal masyarakat yang tinggal di sekitar areal perkebunan PT Socfindo Bangun Bandar. (C4/f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com