Kamis, 23 Mei 2024 WIB

Transaksi Keuangan APBD Palas di Bank Sumut Sudah Dua Minggu Terhenti

Redaksi - Selasa, 28 Maret 2023 21:11 WIB
289 view
Transaksi Keuangan APBD Palas di Bank Sumut Sudah Dua Minggu Terhenti
Foto: Ist/harianSIB.com
Kepala Teller PT Bank Sumut Cabang Sibuhuan, Arif Rahman Siregar
Padanglawas (SIB)
Selama dua pekan sejak Selasa (14/3), transaksi keuangan APBD Kabupaten Padang Lawas (Palas) di Bank Sumut Cabang Sibuhuan masih terhenti. Kondisi itu karena masih menunggu surat balasan dari Bank Sumut pusat.
Demikian dikatakan Plt. Kepala Badan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (BPKAD), Fajaruddin Hasibuan saat diwawancarai SIB di ruang kerjanya. Senin (27/3).
Menurutnya, Bank Sumut pusat sudah menyurati Gubernur Sumut, Edy Rahmayadi terkait kejelasan administrasi pengelolaan keuangan Pemda Palas dan Bank Sumut juga telah menyurati terkait adanya penundaan pencairan keuangan APBD Kabupaten Palas yang dilakukan Bupati Palas, Ali Sutan Harahap atau biasa disebut TSO.
Saat ditanya, berapa jumlah dana pengajuan keseluruhan Organisasi Perangkat Daerah (OPD) yang terhenti, Fajar mengaku belum melakukan penghitungan.
"Belum kita hitung, namun yang pasti pengajuan sudah ada seperti, pengajuan dari DPRD, Inspektorat dan beberapa OPD lain," tuturnya.
Di tempat terpisah, Kepala Teller PT Bank Sumut Cabang Sibuhuan, Arif Rahman Siregar saat dikonfirmasi membenarkan bahwa transaksi keuangan masih terhenti. "Belum ada pencairan keuangan dan kami masih menunggu surat keputusan dari Gubernur," ujarnya.
Sementara itu, salah seorang perwakilan honorer dengan status Tenaga Kerja Sukarela (TKS) yang bekerja di salah satu instansi yang tidak ingin namanya di korankan ketika dimintai tanggapannya terkait penghentian transaksi APBD mengaku mengeluh.
"Bagaimana ini pak Gubsu, kami tidak gajian lagi dan sudah tiga bulan kami tidak gajian, bagaimana menghidupi keluarga kami," ucapnya.
Dia berharap agar pemerintah segera menyelesaikan persoalan dualisme kepemimpinan di Pemkab Palas yang berimbas hingga penghentian transaksi keuangan APBD di Perbankan. (RN/BR7/a)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bank Sumut Luncurkan Program GeTaPin
Dituduh Gelapkan Agunan Debitur di Aeknabara, Ini Penjelasan Bank Sumut
Dirut Bank Sumut Bersama Para Tokoh Sumut Saksikan Bersama Film Lafran
Agunan Tidak Kunjung Dikembalikan, Debitur Laporkan Dirut dan Kepala Kancab Bank Sumut ke Polda Sumut
Bank Sumut Kembali Raih TOP BUMD Awards 2024 Bintang 5
Bupati Bagikan CSR Bank Sumut untuk Penanganan Stunting di Pakpak Bharat
komentar
beritaTerbaru