Proyek Parit Kanal di Desa Alur Cempedak Langkat Diragukan Kualitasnya


267 view
Foto: SIB/Lesman Simamora
Proyek lenning parit beton APBD tahun 2020 di Desa Alur Cempedak Langkat, diragukan kualitasnya. Foto direkam, Senin (8/2).
Pangkalansusu (SIB)
Proyek rehabilitasi lenning parit kanal berbiaya Rp324 juta lebih dengan sumber dana APBD Langkat T.A 2020 yang dibangun di Desa Alur Cempedak Kecamatan Pangkalansusu Langkat, diragukan kualitasnya.

Saluran air yang dibangun di tengah areal persawahan itu baru selesai dikerjakan kontraktor pada Desember 2020 lalu, tapi kini sudah retak-retak di beberapa titik.

Bahkan sekira 3 meter bagunan parit kanal sudah ambruk dari 600 meter volume proyek yang di kerjakan. Pasangan batu koral yang ambruk mengindikasikan rendahnya kualitas bangunan.

“Meski pasangan batu koral yang ambruk telah diperbaiki, Minggu (7/2), tapi kualitas bangunan tetap saja diragukan”, ujar warga yang ditemui SIB di lokasi proyek, mengaku bernama Suhaimi (54), Senin (8/2).

“Selain plesteran dinding parit kanal yang terkelupas dan retak-retak di beberapa titik, pondasi bangunan parit sudah tergerus air sehingga dikuatirkan, pada titik bangunan lainnya berpotensi ambruk lagi”, ucapnya.

Dia berharap kepada aparat penegak hukum segera turun melakukan penyelidikan lapangan, serta meminta pertanggung-jawaban para pihak terkait dugaan proyek dikerjakan tidak sesuai standar pemerintah.

Sebab, kata dia, tidak tertutup kemungkinan pasangan batu koral itu ambruk karena campuran semen dan pasir yang tidak berimbang, atau karena pondasinya tidak kokoh yang menyebabkan dinding bagunan ambruk.

Belum seumur jagung, tapi bangunan parit kanal sudah ambruk itu sangat tidak masuk akal. "Jika pembangunan proyek lenning parit kanal dikerjakan sesuai yang direncanakan, saya yakin, bagunan tersebut akan bertahan lebih lama," terangnya.

BELUM TAHU
Kepala Dinas Pekerjaan Umum dan Penataan Ruang (PUPR) Kab Langkat, Subiyanto yang dikonfirmasi SIB melalui panggilan WhatsApp-nya, Senin (8/2), mengatakan dirinya belum tahu terkait proyek Lenning Parit Beton ambruk di Desa Alur Cempedak Langkat.

"Saya tanya dulu PPK (Pejabat Pembuat Komitmen) proyek itu, ya," ucapnya singkat. (M25/c)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com