Aku Benci Hidupku

Oleh Madyamiko Gunarko Hartoyo

365 view
Internet
Ilustrasi
'Aku benci hidupku' Apakah pernyataan ini benar menurut Anda? Apakah Anda merasa berada di titik terendah saat ini? Kabar baiknya adalah, ini mungkin tidak seburuk yang Anda takuti. Ketika kita menghabiskan banyak waktu untuk merasa takut pada segalanya. Kita akan mengalami kehancuran emosi, dan itu membuat hidup ini tiba-tiba tampak sangat menakutkan.

Jika kita benar-benar membenci hidup ini, kita mungkin telah mencapai tahap mulai percaya bahwa hidup tidak akan pernah menjadi lebih baik. Belajarlah dari seseorang yang tahu ketidakbenaran ini. Segera sadari dan bernapaslah sekarang, masih ada harapan untuk membalikkan segalanya.

Pertama, hentikan gagasan tidak ingin menerima"kepositifan beracun" dan coba rutinitas pagi dua puluh menit selama beberapa minggu untuk membangun pikiran positif. Dengan pikiran posiitf, tidak akan membuat seseorang merasa lebih buruk.

Sang Buddha dalam ajarannya ribuan tahun lalu mengungkapkan pikiran adalah pelopor dari segala sesuatu , pikiran adalah pemimpin, pikiran adalah pembentuk. Bila seseorang berbicara atau berbuat dengan pikiran murni, maka kebahagiaan akan mengikutinya, bagaikan bayang bayang yang tidak akan meninggalkan bendanya sebagaimana diuraikan Yamaga Vagga, Dhammpada 1.

Letakkan gambar, kutipan, atau ide positif di area tempat favorit kita, dan baca atau lihatlah saat kita beraktivitas untuk mendapatkan pola pikir yang berdaya. Pilihlah kutipan dari penulis transformasional favorit untuk mendapatkan ide terbaik memperkuat pikiran positif kita.

Berikutnya, berolahragalah segera setelah bangun dari tempat tidur. Luangkan waktu dua hingga sepuluh menit untuk melakukan beberapa peregangan, angkat beban, atau latihan aerobik. Nyalakan musik dan mulailah.Tubuh akan menjadi lebih baik, dan hormon kimia pemicu perasaan baik akan terpompa.

Bersyukur menjadi langkah penting berikutnya. Luangkan satu menit dan buatlah daftar tiga hal yang perlu kita syukuri. Ini adalah persyaratan minimum. Jika kita punya cukup waktu, pertimbangkan untuk menuliskan tujuan hari ini atau membuat daftar cara kita merasa alam Semesta telah membantu kita akhir-akhir ini. Dengan demikian kita akan dapat merasakan banyak hal yang telah kita dapatkan dan tentunya membentuk pikiran kita tidak dalam titik yang rendah.

Meskipun kita merasa ada dua puluh hal yang dapat dikeluhkan, jika ada satu hal yang baik, tulislah tentang itu. Tambahan yang bagus untuk latihan ini adalah dengan melihat kembali hari-hari sebelumnya dan memperhatikan betapa kita harus bersyukur atau berapa banyak niat kita yang telah terpenuhi. Jika kita merasa belum memenuhi satu pun niat kita, ingatlah bahwa itu tidak benar! Bersikaplah penuh kasih terhadap diri sendiri dan bersyukur bahwa kita telah menunjukkan dedikasi kepada diri sendiri, betapapun kecilnya upaya itu pada awalnya.

Dengarkan sesuatu yang memotivasi dan bersemangat setiap pagi. Tonton atau dengarkan sesuatu yang berbicara tentang pemberdayaan, apa yang bisa kita capai, apa yang benar dengan kita dan dunia daripada melihat apa yang salah. Hal ini bukan berarti kita menyangkal bahwa ada yang salah terjadi di dunia, semua ini bertujuan agar kita dipompa dan diberdayakan untuk benar-benar mengambil tugas menjalani hidup. Ada begitu banyak konten gratis di luar sana di media sosial yang dapat kita akses. Lakukan pencarian media sosial dan mulailah menemukan materi yang mengangkat kita dan membuat kita berpikir positif dan dengan tujuan setiap hari.

Realitas yang terjadi adalah tidak ada yang bersemangat menghadapi rasa sakit atau kehancuran yang terbentang di depan mereka. Jadi, meskipun ada hal-hal yang sulit untuk dihadapi, sangat penting bagi kita untuk menyusun ulangnya sehingga kita dapat melihatnya sebagai tantangan positif dan bukan hanya pengalaman yang menyakitkan.

Hal ini bukan untuk menjadi tidak bertanggung jawab atau untuk menghindari kenyataan, melainkan untuk memberi diri kita kesempatan terbaik untuk dapat menerima apa yang perlu kita lakukan dengan antusiasme dan energi yang baik. Dengan cara ini kita lebih terbiasa dengan diri kita sendiri, orang-orang di sekitar kita, dan dunia

Mungkin memulai hari dengan gerakan, motivasi, dan rasa syukur tidak akan berhasil. Hal ini tidak menyelesaikan semua masalah kita. Tapi semoga, hal ini akan memberi dorongan positif dan rasa harapan dan menunjukkan bahwa kita dapat membuat perubahan yang dapat membantu merasa lebih baik tentang hidup kita.

Begitu kita melihat bahwa perubahan kecil dapat membuat perbedaan besar, kita akan bersemangat tentang semua hal lain yang dapatkita ubah dan tingkatkan dalam hidup kita. Ini membawa kita keluar dari gigi mundur dan menjadi awal. Ini mungkin tampak kecil, tetapi ini adalah permulaan, dan sangat positif pada saat dibutuhkan! (f)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com