Sekjen Berharap Hubungan Wartawan dengan DPR Makin Produktif dan Harmonis


262 view
Sekjen Berharap Hubungan Wartawan dengan DPR Makin Produktif dan Harmonis
Foto: kwp/katakini
Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumariyandono didampingi Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi, Anggota Komisi VI DPR F-PKB Siti Mukaromah, Ketua KWP Ariawan, dan pejabat Setjen DPR lainnya meresmikan kegiatan Forum Komunikasi dan Sosialisasi Kinerja DPR di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat malam (25/11/2022).

Purwokerto (harianSIB.com)

Kerja sama dan hubungan antara wartawan dengan DPR RI dinilai hingga saat ini telah cukup baik.


Meskipun pada masa-masa tertentu terjadi pasang surut dan sedikit terjadi ketegangan, tetapi secara keseluruhan hubungan antarba wartawan dengan DPR RI semakin membaik.


“Hal itu tereflesikan dari berbagai kerja sama yang selama ini dilakukan seperti melalui Forum Komunikasi dan Sosialisasi, Forum Legislasi, dan program-program lainnya,” kata Kepala Biro Pemberitaan Parlemen Indra Pahlevi yang mewakili Sekjen DPR RI Indra Iskandar dalam kegiatan Forum Komunikasi dan Sosialisasi bertema “Refleksi Kinerja DPR RI 2022 Melalui Harmonisasi Peran Media di Parlemen” di Purwokerto, Jawa Tengah, Jumat malam (25/11/2022).

Kegiatan yang dilakukan selama tiga hari, Jumat hingga Minggu (25-27/11/2022) ini dihadiri oleh Anggota DPR RI dari F-PKB Siti Mukaromah, Deputi Bidang Administrasi Setjen DPR RI Sumaryandono, dan pejabat Setjen DPR RI lainnya.


Indra meyakini, forum semacam ini dapat membawa semangat untuk terus berkolaborasi dan memperkuat ciri parlemen modern.


“Salah satu tugas kita bersama adalah bagaimana terus menyampaikan berita baik sebagai salah satu cara bangsa ini lebih disegani oleh bangsa lain. Sebab sejatinya Indonesia adalah bangsa yang sangat besar dan punya sejarah sangat panjang. Sementara potensi untuk memecah belah bangsa ini sangat mudah dengan kepulauan, suku bangsa, dan agama yang sangat beraga,” kata Indra.


Pada kesempatan itu Indra juga menyampaikan terima kasih kepada wartawan, khususnya wartawan parlemen yang tergabung dalam Forum Wartawan Parlemen (KWP) yang telah turut mengawal tiga event besar di tahun ini.


Ketiga event tersebut adalah sidang IPU ke-144, sidang tahunan dan sidang bersama tanggal 16 Agustus, dan yang terakhir gelaran P20 yang tempatnya di Kompleks DPR RI.


“Ke depan, berharap kerja sama dengan KWP terus terjaga, semaki produktif dan harmonis untuk mendukung kerja-kerja kedewanan dalam menyalurkan informasi ke tengah masyarakat,” katanya.


Di tempat yang sama, Siti Mukaromah menyampaikan bahwa selama ini PKB membangun mindset bahwa media atau wartawan adalah jendela informasi untuk menyampaikan apa yang telah dilakukan oleh wakil rakyat kepada masyarakat luas.


“Terutama informasi yang memberikan nilai konstruktif buat masyarakat sebagaimana harapan mereka ketika memilih wakil rakyatnya, yakni bisa memperjuangkan kepentingan-kepentingan mereka,” kata Siti Mukaromah, legislator asal Purwokerto ini.


Selain itu, lanjut Siti Mukaromah, salah satu syarat sebagai parlemen modern memang mengharuskan adanya kerjasama yang baik antara parlemen dengan media, yang menjadi jembatan informasi yang sangat strategis kepada masyarakat.


“Media juga menjadi kunci bagi masyarakat untuk mengakses informasi, termasuk mengakses informasi yang terkait dengan kerja-kerja kedewanan,” kata Anggota Komisi VI dan Anggota Badan Anggaran ini.(J1)

Editor
: Bantors
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com