Senin, 06 Mei 2024

Tahun 2022, Tebingtinggi Fokus Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi

Redaksi - Selasa, 23 Maret 2021 20:52 WIB
413 view
Tahun 2022, Tebingtinggi Fokus Penanganan Covid-19 dan Pemulihan Ekonomi
Foto Doc / Dinas Kominfo
TEKAN TOMBOL : Wali Kota Tebingtinggi, Umar Zunaidi Hasibuan bersama Kepala Biro Sosial dan Kesra Setdaprov, Rita Tavip Megawati, Ketua DPRD Tebingtinggi, Basyaruddin Nasution, Kajari Tebingtinggi Mustaqpirin, Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sug
Tebingtinggi (SIB)
Musyawarah Perencanaan Pembangunan Rencana Kerja Pemerintah Daerah (Musrenbang RKPD) Tahun 2022 Kota Tebingtinggi dengan tema peningkatan perekonomian melalui infrastruktur pertanian, UMKM dan pelayanan dasar dalam rangka pemulihan ekonomi daerah mendukung Tebingtinggi sebagai kota jasa dan perdagangan, Selasa (23/3/2021) di Balai Kartini Baru, Jalan Gunung Leuser.

Hadir di Musrenbang tersebut, Gubernur Sumut yang diwakili Kepala Biro Sosial dan Kesra Setdaprov, Rita Tavip Megawati, Ketua DPRD Tebingtinggi, Basyaruddin Nasution, Kajari Tebingtinggi Mustaqpirin, Kapolres Tebingtinggi, AKBP Agus Sugiyarso, Kasdim Kodim 0204 DS Mayor Inf. Toto Riyanto, Kepala OPD, Camat dan Lurah serta tokoh masyarakat dan agama.

"Musrenbang kali ini adalah Musrenbang tahun terakhir dari pada RPJM Tebingtinggi tahun 2017-2022. Di tiga tahun terakhir, dimulai tahun 2020 dan bahkan sampai tahun 2022, ada satu kejadian luar biasa, yakni musibah bencana non alam yaitu pandemi Covid-19. Akibatnya, banyak terjadi pergeseran - pergeseran biaya untuk menanggulangi pandemi Covid-19. Kedua dengan adanya pandemi Covid-19, postur APBD kita mengalami perubahan signifikan. Kalau dulu APBD 84 persen dari pusat, 16 persen dari PAD, sekarang transfer pusat tinggal 80 persen bukan kerena kuat PAD tapi karena digunakan anggarannya untuk penanganan Covid-19" ucapmya

Lanjut Umar, di 2022 harus menyiapkan dan mengantisipasi masalah pandemi Covid-19.Wali kota juga menjelaskan bahwa penganggaran saat ini memperhatikan momen menjelang Pemilu serentak nantinya bahwa Pemerintah Pusat sudah menyampaikan agar pemerintah daerah menyusun program kegiatan menjelang Pemilu berikut dengan penganggarannya.

Dikatakan, tahun 2024 semua program startegi nasional akan selesai. Program pengendalian sungai sudah diusulkan agar menjadi program nasional.
Dalam rangka pemulihan ekonomi, lanjutnya, UMKM harus terus digalakan dengan menerapkan digitalisasi dalam pemasaran produk.

Sementara itu, Kepala Biro Sosial dan Kesra Setdaprov Sumut, Rita Tavip Megawati mengapresiasi terselenggaranya Musrenbang penyusunan RKPD tahun 2022 di Tebingtinggi.

"Perumusan Musrenbang ini memiliki makna sangat penting dan strategis, sehingga tercapainya kesepakatan terhadap rancangan RKPD tahun 2022 yang telah disusun, mempunyai peran dan fungsi yang sangat strategis dalam penyelenggaraan pemerintah daerah," katanya.(*)

Ayo baca konten menarik lainnya dan follow kami di Google News
Editor
:
SHARE:
Tags
beritaTerkait
PBSI Kota Tebingtinggi Berangkatkan 7 Atlet Ikuti Kejuaraan Swasta Nasional ABC Pro Open 2024
Rokok Tanpa Pita Cukai Beredar di Tebingtinggi
Ini 7 Figur yang Hangat Diperbincangkan Maju di Pilkada Kota Tebingtinggi
Iman Irdian Saragih Daftar Bacalon Wali Kota ke PDIP, Demokrat dan PPP Tebingtinggi
Terkesan Asal-asalan, DPRD Minta Nota Pengantar LKPJ Wali Kota Tebingtinggi TA 2023 Diperbaiki
Besok, PKS Buka Pendaftaran Balon Wali Kota dan Wakil Wali Kota Tebingtinggi
komentar
beritaTerbaru