Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Gelombang Panas Melanda Sejumlah Negara Asia

Wilfred Manullang - Minggu, 05 Mei 2024 21:00 WIB
492 view
Gelombang Panas Melanda Sejumlah Negara Asia
Net/harianSIB.com
Ilustrasi cuaca panas.
Jakarta (harianSIB.com)

Sejumlah negara-negara Asia kini sedang dilanda gelombang panas (heat wave). Suhu di sejumlah negara kawasan ini pun telah mencapai 40 derajat celcius.

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah memberikan peringatan terhadap munculnya heat wave, yang mereka anggap disebabkan oleh pemanasan global dan perubahan iklim ekstrem yang terus menghantui wilayah Asia.

Peringatan itu PBB kemukakan melalui Badan Meteorologi Dunia (WMO), bertajuk State of the Climate in Asia 2023, pada Rabu lalu.

Laporan itu menganalisis bencana pada 2023, yang menyoroti laju percepatan indikator perubahan iklim utama seperti suhu permukaan, pencairan gletser dan kenaikan permukaan air laut, yang akan berdampak besar pada masyarakat, ekonomi, dan ekosistem di kawasan.

Asia menurut WMO, masih menjadi wilayah yang paling banyak dilanda masalah alam akibat cuaca dan iklim. Benua ini mengalami pemanasan lebih cepat dari rata-rata global dengan tren meningkat hampir dua kali lipat sejak periode 1961-1990.

"Kesimpulan dari laporan ini sangat menyadarkan kita," kata Sekretaris Jenderal WMO Celeste Saulo dalam keterangan yang diterima CNBC Indonesia, Minggu (5/5/2024).

Myanmar menjadi negara yang terdampak paling buruk akibat heat wave pada Minggu akhir bulan lalu (28/4), suhu tertinggi mencapai 48,2 derajat Celcius.

Di Filipina, suhu panas sempat menyentuh angka 47 derajat Celcius hingga mengganggu aktivitas manusia. Hingga sekolah pun didorong untuk dialihkan menjadi online.

Sementara di Thailand, suhu tertinggi tercatat sebesar 44,2 derajat celcius pada 27 April 2024. Dampak dari suhu yang panas tersebut yakni tercatat 30 orang tewas sepanjang tahun ini.

Begitu pula dengan Kamboja yang menghadapi suhu tertinggi dalam 170 tahun terakhir yakni menyentuh angka 43-44 derajat Celcius pada 30 April 2024. Alhasil, pemerintah menyarankan agar sekolah ditutup untuk memberikan keselamatan bagi semua pihak.

Selain Kamboja, suhu dengan level 44 derajat Celcius itu juga terjadi di Vietnam, Malaysia dan Singapura sama-sama terdampak suhu di level 40 derajat celcius masing-masing pada 30 April dan 28 April 2024. (*)


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ini Penyebab Indonesia Tidak Diterpa Gelombang Panas
Gelombang Panas Asia Tidak Terjadi di Sumut
Jambore Dunia di Korea Selatan Berakhir Akibat Cuaca Ekstrem
Kebakaran Hebat di Pulau Rodos Yunani, 19.000 Orang Dievakuasi
NASA Sebut Juli 2023 Jadi Bulan Terpanas di Dunia
Gelombang Panas Hingga 40 Derajat Celsius Landa Meksiko, 8 Orang Tewas
komentar
beritaTerbaru