Rabu, 22 Mei 2024 WIB

Pasca Banjir Bandang, Bupati Simalungun Tinjau Desa Purbapasir

Redaksi - Jumat, 22 Desember 2023 20:14 WIB
305 view
Pasca Banjir Bandang, Bupati Simalungun Tinjau Desa Purbapasir
(Foto: Dok/Diskominfo)
TINJAU: Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga (tengah) meninjau lokasi banjir bandang di Nagori Purbapasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Rabu (20/12) malam. 
Simalungun (SIB)
Bupati Simalungun Radiapoh Hasiholan Sinaga meninjau lokasi banjir bandang di Nagori (Desa) Purbapasir, Kecamatan Haranggaol Horisan, Rabu (20/12) malam.
Sebagaimana diketahui, penyebab terjadinya banjir bandang itu, karena jebol tanggul air di Nagori Purba Tongah, Kecamatan Purba. Namun dampaknya cukup fatal, di antaranya mengakibatkan jalan penghubung Haranggaol-Tigaras putus total. Bahkan, dua rumah warga hanyut ke Danau Toba.
Di lokasi banjir, bupati menemui warga sekaligus menyampaikan imbauan agar tetap waspada terhadap banjir susulan. Juga dikerahkan sejumlah personel dari Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD).
"Kita segera perbaiki infrastruktur yang rusak. Instansi terkait supaya menelusuri penyebab terjadinya banjir dan melakukan penanganan," sebut Radiapoh.
Sementara itu, Kepala BPBD Resman Saragih melaporkan, banjir tersebut mulai terjadi, Rabu (20/12) sekira pukul 17.00 WIB.
"Penyebab banjir akibat jebolnya tanggul warga di Nagori Purba Tongah, sehingga terjadi banjir bandang pada Sungai Binanga Bolon," tegasnya.
Menurut Resman, tidak ada korban jiwa dalam peristiwa banjir tersebut. Namun, dua rumah warga hanyut terbawa arus air. Pihak PLN untuk sementara memutuskan aliran listrik di sekitar lokasi.
Dikatakan, banjir juga mengakibatkan akses jalan Haranggaol-Tigaras lumpuh total dan banyak kuburan warga yang hanyut. Semuanya masih didata. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Simalungun Tinjau Sumber Air di Kecamatan Panei
Bupati Simalungun Buka Puasa Bersama dengan Warga Kecamatan Bandar
Radiapoh Sinaga Berencana Berkantor di Kecamatan untuk Optimalkan Pembangunan Simalungun
Radiapoh Sebut Penanganan Sampah di Parapat Tidak Optimal karena Anggaran
Bupati Simalungun Harapkan LSM LIRA Perjuangkan Hak Masyarakat
Bupati Simalungun Melayat ke Rumah Duka Lima Korban Tabrakan di Bulupange
komentar
beritaTerbaru