Sabtu, 18 Mei 2024 WIB

Sikapi Keluhan Nelayan Soal “Red Devil” di Danau Toba, DKP Sumut Tabur 290 Ribu Benih Ikan Nila

Redaksi - Selasa, 02 April 2024 19:54 WIB
251 view
Sikapi Keluhan Nelayan Soal “Red Devil” di Danau Toba, DKP Sumut Tabur 290 Ribu Benih Ikan Nila
Foto Dok/ Humas Pemkab Samosir
MENABUR IKAN: Pejabat Dinas Kelautan dan Perikanan Provinsi Sumut bersama Forkopimda dan pejabat Pemkab Samosir menaburkan benih ikan nila di alur Tano Ponggol, Pangururan Senin (1/4). 
Samosir (SIB)
Menanggapi banyaknya keluhan masyarakat nelayan di Samosir khususnya wilayah Pangururan, perwakilan Dinas Kelautan dan Perikanan (KP) Provinsi Sumut menaburkan 290.000 benih ikan nila di Danau Toba tepatnya di alur Tano Ponggol dan di kawasan Pelabuhan Onanrunggu Kabupaten Samosir, Senin (1/4).

Para kesempatan itu, DKP Provinsi Sumut juga mengajak serta Sekertaris Daerah Kabupaten Samosir Marudut Tua Sitinjak, Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M. Sinaga dan Plt. Kepala Dinas Ketahanan Pangan dan Pertanian Tumiur Gultom untuk sama-sama menabur benih ikan ke danau.

Kepala Dinas KP Sumut diwakili Kepala Bidang Tangkap, Jenni Sinaga mengatakan, penebaran benih ikan nila ini merupakan salah satu upaya Dinas KP Sumut untuk penambahan stok ikan tangkapan di perairan umum Danau Toba.

“Selain menambah populasi ikan tangkapan di perairan umum, program restocking itu juga untuk menjawab keluhan para nelayan tradisional yang akhir-akhir ini menurun hasil tangkapannya akibat merebaknya ikan red devil di Danau Toba,”sebut Jenni Sinaga.

Ia mengatakan, bahwa pelepasan ribuan benih ikan nila ini atas permintaan dari Dinas Ketapang dan Pertania Samosir. “Maka hari ini dilakukan penaburan benih ikan nila 290.000 ekor di dua titik yakni di kawasan alur Tano Ponggol sebanyak 150.000 ekor dan di Onanrunggu sebanyak 140.000 ekor,” ujarnya

Sekdakab Samosir Marudut Tua Sitinjak dalam sambutannya menyebut kegiatan ini merupakan sinergitas antara Pemkab Samosir dan Pemprov Sumut. “Hendaknya kerja sama yang baik ini terus ditingkatkan demi kesejahteran para nelayan tradisional,” ucap Marudut Tua Sitinjak.

Sementara Wakil Ketua DPRD Samosir Pantas M Sinaga mengapresiasi perhatian pimpinan Dinas KP Provinsi Sumut dalam mendukung kecukupan ikan nila di perairan Danau Toba, apalagi pasca ditertibkannya keramba jaring apung.

“Kami berharap ke depannya dilakukan kegiatan serupa di embung dan pea yang ada di Kabupaten Samosir, Hal itu juga untuk peningkatan perekonomian masyarakat sekitar,” kata Pantas.

Camat Pangururan, Robintang Naibaho menyampaikan terimakasih atas dipilihnya Pangururan sebagai salah satu lokasi restocking ikan nila.

Ikut menabur ribuan bibit ikan nila tersebut Pabung 0210/TU G. Sebayang, Kapolres Samosir diwakili Kasat Binmas AKP H. Rajagukguk, Camat Pangururan Robintang Naibaho dan Lurah Pasar Pangururan Tiodora Manalu. (**)



SHARE:
Tags
beritaTerkait
Breaking News: Presdir PT HDTI Johny Pardede Meninggal Dunia di Jakarta
Lari Lintas Alam “Trail of The Kings” di Danau Toba Diikuti Pelari dari 12 Negara Sukses
Operasi Anti Narkoba Polres Sibolga Tangkap Seorang Nelayan
DKP Provsu, Dinas Ketapang dan Pertanian Samosir Tebar 30.000 Ekor Benih Ikan Nila di Danau Toba
Tembok Dermaga Atsari Dimita Direkonstruksi Sebab Halangi Pemandangan Danau Toba
Jalur Wisata Danau Toba Lancar, Polisi Berjaga Sepanjang Jalan
komentar
beritaTerbaru