Sabtu, 27 Juli 2024

Donasi Rp1,2 Miliar Lebih untuk Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Disalurkan

Frans Koberty Simanjuntak - Kamis, 16 Mei 2024 08:35 WIB
3.248 view
Donasi Rp1,2 Miliar Lebih untuk Korban Banjir Bandang di Humbahas Belum Disalurkan
Foto: Dok/Dinas Kominfo Humbahas
Bupati Humbahas Dosmar Banjarnahor (kanan) saat menerima bantuan logistik dan peralatan dari Kepala Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB) Letjen TNI Suharyanto, beberapa waktu lalu di Doloksanggul.
Humbahas (harianSIB.com)
Banjir bandang dan longsor yang meratakan sebagian besar Desa Simangulampe, Kecamatan Baktiraja, Kabupaten Humbang Hasundutan (Humbahas), Jumat (1/12/2024) lalu, masih menyisakan segudang duka bagi para keluarga korban.

Selain menelan belasan korban jiwa, bencana alam yang sangat luar biasa itu juga meluluhlantakkan puluhan rumah masyarakat akibat hantaman lumpur dan bebatuan besar dari atas bukit perkampungan tersebut.

Beberapa saat setelah kejadian itu, Pemerintah Kecamatan Baktiraja langsung membuka posko bencana dan posko penerimaan bantuan, yakni bantuan sembako dan bantuan lainnya termasuk bantuan materi yang sifatnya donasi dari berbagai elemen masyarakat melalui nomor rekening posko bencana.

Baca Juga:

Namun sangat disayangkan, hingga saat ini Pemerintah Kabupaten Humbahas maupun Pemerintah Kecamatan Baktiraja belum pernah mempublikasikan berapa jumlah bantuan hasil donasi yang disampaikan ke posko bencana alam itu. Baik bantuan sembako maupun bantuan materi.

Bahkan kabarnya, donasi yang dikumpulkan di rekening posko bencana alam Desa Simangulampe atas nama Pemerintah Kecamatan Baktiraja hingga saat ini belum disalurkan kepada para keluarga korban. Padahal, bencana banjir bandang dan longsor sudah hampir setengah tahun berlalu.

Baca Juga:

Tidak hanya dari bantuan donasi dari berbagai elemen masyarakat, untuk penanganan bencana banjir bandang dan longsor tersebut, banyak juga bantuan mengalir dari pemerintah, baik pemerintah kabupaten, provinsi, maupun pemerintah pusat.

Namun masyarakat Humbahas tidak pernah mengetahui berapa jumlah dana dan anggaran yang dihabiskan untuk menangani bencana alama banjir bandang dan longsor tersebut.

Camat Baktiraja, Sanggam Lumban Gaol ketika dikonfirmasi jurnalis SIB, Rabu (15/5/2024), via telepon selulernya membenarkan bantuan hasil donasi banjir bandang dan longsor belum disalurkan.


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Humbahas Serahkan 685 SK Pengangkatan P3K
Pekerjaan Jalan Sibolga -Tarutung Dikebut, CV Roganda Tuai Pujian dari Warga
Propam Polda Sumut Operasi Gaktibplin di Polres Humbahas
Deteksi Dini, Rutan Humbahas Razia Kamar Hunian
Chiristison Marbun Dilantik Jadi Sekda Humbahas
Menyambut HUT ke-21, Kabupaten Humbahas Gelar Perlombaan Gerak Jalan
komentar
beritaTerbaru
Gen Z Terjerat Pinjol

Gen Z Terjerat Pinjol

Jakarta (SIB)Otoritas Jasa Keuangan menyebut generasi muda atau gen Z banyak terjerat pinjaman online (pinjol). Hal ini disebabkan lantaran

Ekonomi