Senin, 20 Mei 2024 WIB

Rapat Guru Huria HKBP Ditutup

Anwar Lubis - Kamis, 16 Mei 2024 22:01 WIB
560 view
Rapat Guru Huria HKBP Ditutup
Foto Dok/Biro Informasi HKBP
FOTO BERSAMA: Ephorus, Pdt Dr Robinson Butarbutar berfoto bersama dengan pengurus MPS, utusan SG dan pengurus TLG terpilih usai acara penutupan rapat guru huria HKBP di Auditorium Seminarium, Sipoholon, Kabupaten Taput, Kamis, (16/5/2024)
Taput (harianSIB.com)
Rapat guru huria, Huria Kristen Batak Protestan (HKBP) yang diselenggarakan Selasa - Kamis (14 - 16/5/2024) di Auditorium Seminarium, Sipoholon, Kabupaten Tapanuli Utara (Taput) ditutup dan diakhiri dengan ibadah penutupan dan perjamuan kudus.

Kepala Biro Informasi, Pdt Fortunate Siagian menjelaskan, ada tiga tugas rapat guru huria HKBP yakni, memilih anggota Majelis Pekerja Sinode (MPS), memilih utusan Sinode Godang (SG) dari unsur tahbisan guru huria dan memilih pengurus Tumpak Liat Guru Huria (TLG).

Dikatakannya, pada saat pemilihan anggota MPS berlangsung terjadi dua putaran dan dimenangkan oleh Guru (Gr) Abdul Rahman Sitorus. Kemudian, untuk utusan SG dari guru huria ada dua orang. Pemilihannya dilakukan dengan ranking dan yang terpilih adalah Gr Luga Silitonga dan Gr Purnama boru Napitupulu.

Baca Juga:

Sedangkan, pemilihan pengurus TLG tidak dilakukan dengan voting, melainkan secara mufakat dan peserta memutuskan sebagai ketua adalah Gr Timbul Simanungkalit, Sekretaris Gr Polardo Hutahaean dan bendahara Gr Hervine boru Tinambunan.

Sebelumnya, panitia melaporkan peserta yang hadir dalam pembukaan sebanyak 172 orang dari 192 orang guru huria HKBP.

Baca Juga:

Rapat dibuka secara resmi oleh Ephorus, Pdt Dr Robinson Butarbutar, Rabu (15/5/2024). Dalam bimbingan dan arahannya, Ephorus mengapresiasi kerja keras panitia dan menyampaikan bahwa tahbisan guru huria ikut membesarkan HKBP serta menyatakan HKBP menjadi berkat bagi dunia melalui berbagai pelayanan.

Setelah itu, ceramah tema "Transformasi" (Efesus 4: 23) disampaikan oleh Ketua Sekolah Tinggi (STB), Pdt Dr Benni Sinaga dan subtema, "Guru Huria HKBP Bergegas Membaharui Janji Tahbisan, Karakter, Kultur, Kemampuan Pelayan, Warga Jemaat dan Institusi HKBP" disampaikan oleh St Albert Simanjuntak.

Dijelaskannya, guru huria HKBP adalah salah satu unsur pelaku dalam kesuksesan sentralisasi keuangan yang telah dijalankan oleh HKBP sejak 1 Januari 2023 lalu.

Oleh Karena itu katanya, pantia juga mengundang narasumber yang dapat memotivasi peserta untuk mensukseskan pelaksanaan sentralisasi keuangan yaitu Sekretaris Jenderal, Pdt Victor Tinambunan MST dan anggota Komisioner Badan Pengawas Sentralisasi Keuangan (BPSK), Victor Simatupang.

Di akhir rapat, Ompu i Ephorus melantik semua yang terpilih dan berterima kasih atas kesatuan hati peserta yang turut ambil bagian dalam penegakan keadilan gender (gender justice) dimana guru huria HKBP juga mendukung sentralisasi keuangan dan transformasi HKBP. Dalam ibadah penutupan, Ephorus menugaskan Gr Kasman Sinaga untuk menutup resmi Rapat Guru Huria atas nama Ephorus. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kapolrestabes Medan Safari Ibadah Minggu di HKBP Pardamean Medan
Jelang Sinode Godang, Ini Pesan Ephorus HKBP untuk Panitia SG ke - 67
Fungsionaris HKBP UAS Medan 2024-2028 Dilantik, St Rudyard Simanjuntak Ketua Parartaon
Dana Solidaritas dari Jerman Kepada Jemaat HKBP Sihotang Korban Banjir Bandang Diserahkan
Senam Sehat Tandai Car Free Day di Taput
Ibadah Minggu di HKBP Resort Sion, Kapolrestabes Sampaikan Pesan Kamtibmas
komentar
beritaTerbaru