Kamis, 18 Juli 2024

Jalan Rusak Parah Dianggarkan Hanya Rp 100 Juta

Edison P Malau - Rabu, 12 Juni 2024 17:04 WIB
360 view
Jalan Rusak Parah Dianggarkan Hanya Rp 100 Juta
Foto SNN/ Dok Warga Soban
Kondisi sebahagian badan jalan Bunturaja-Soban yang sudah terkelupas dan kelihatan tanah.
Sidikalang (harianSIB.com)
Warga Desa Soban, Kecamatan Siempat Nempu, Kabupaten Dairi, Provinsi Sumatera Utara sangat takjub dan bersyukur karena Pemkab Dairi telah menggelontorkan anggaran pembangunan jalan hingga Rp100 juta. Jumlah ini dianggap sudah mencukupi dengan kerusakan badan jalan lebih kurang 10 km, serta untuk perbaikan drainase.

Beberapa warga, Sinaga, Situmorang, Malau dan lainnya sangat mengapresiasi anggaran dana perbaikan jalan ke desa mereka. Menurut mereka, dana Rp 100 juta akan dipergunakan Rp 10 juta untuk 1 km.

"Kami sangat bersyukur dengan anggaran ini, mudah-mudahan secepatnya diperbaiki. Kalau saat ini, kami akan menyetop kendaraan dinas pemerintah melintasi jalan kami, sehingga kendaraannya tidak rusak. Supaya pemerintah tidak rugi memperbaiki kendaraan dinasnya," sebut mereka.

Baca Juga:
Kondisi sebahagian badan jalan Bunturaja-Soban yang berlubang dengan kerikil lepas yang siap menimbulkan bahaya bagi pengendara kendaraan roda dua. (Foto SNN/ Dok Warga Soban)

Ditambahkan warga, lebih kurang 7 tahun, badan jalan Bunturaja-Soban tidak tersentuh pembangunan, sehingga batu sudah terkelupas hingga sebagian badan jalan sudah kelihatan tanah.

Baca Juga:

"Kalau pengaspalan sudah hampir 7 tahun tidak ada. Kami tidak meminta pengaspalan hotmix, aspal biasa saja kami sudah sangat bersyukur. Mudah-mudahan secepatnya dapat diperbaiki, sehingga tidak menambah korban kecelakaan lagi bagi kami," imbuhnya.

Informasi yang didapat SIB News Network, pengaspalan jenis lapen membutuhkan biaya Rp 650 juta untuk panjang 1 km dengan lebar 3 m. Akan tetapi, Pemkab Dairi sudah menganggarkan Rp 100 juta untuk perbaikan 10 km badan jalan yang rusak.

Anggota DPRD Dairi dari Partai Golkar, Lisbet Lumban Tobing kembali menanggapi besaran dana yang sudah dipersiapkan. Diakuinya, dengan nominal Rp 100 juta, sangat tidak mungkin cukup untuk perbaikan badan jalan tersebut.

"Benar tahun ini ada dari DAU Rp 100 juta. Nanti akan ajukan juga dan kita harapkan dapat ditampung di Perubahan. Saya akan berusaha menitipkannya kepada rekan-rekan di Banggar," sebutnya. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Warga Timbun Sendiri Lobang di Badan Jalan Pasar V Timur Depan MMTC
Jalan Provinsi Penghubung 3 Kecamatan Rusak, Masyarakat Habornas Toba Sampaikan Surat Terbuka Kepada Pj Gubernur Sumut
Jalan Menuju Desa Selandi Lama Kecamatan Payung Karo Rusak Berlumpur
Jalan Pasar V Timur Depan MMTC Butuh Perbaikan
Jalan Nasional Sidikalang - Aceh Tenggara Rusak Parah, Warga Minta Segera Diperbaiki
Bupati Tapsel Harapkan Pemprov Sumut Perbaiki Jalan Rusak Marancar dan Sipirok-Aek Bilah
komentar
beritaTerbaru