Senin, 13 Mei 2024 WIB

Wabup Sergai Ajak Kader PKK Wujudkan Keluarga Sejahtera dan Tangguh

Redaksi - Minggu, 18 Juni 2023 18:31 WIB
190 view
Wabup Sergai Ajak Kader PKK Wujudkan Keluarga Sejahtera dan Tangguh
Foto Dok/Diskominfo Sergai
POTONG TUMPENG : Ketua TP PKK Sergai, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya (tengah) disaksikan Wabup H Adlin Tambunan (no 2 kanan), Ketua GOPTKI Ny Aini Zetara Adlin Tambunan (no 2 kiri), dan Kadis PMD Fajar Simbolon (kanan), memotong tumpeng pada Hari K
Sergai (SIB)
Wakil Bupati (Wabup) Serdangbedagai (Sergai), H Adlin Tambunan mengajak seluruh masyarakat untuk bergerak bersama PKK mewujudkan keluarga sejahtera dan tangguh.
Ajakan itu disampaikan Adlin Tambunan saat menghadiri Hari Kesatuan Gerak (HKG) PKK ke-51 tahun 2023 di Aula Sultan Serdang Komplek Kantor Bupati Sergai di Seitampah, Selasa (13/6/2023).
Apresiasi juga disampaikan Wabup kepada seluruh kader PKK dari tingkat kabupaten sampai tingkat desa yang telah bekerja ikhlas.
Menurutnya, seluruh kader PKK Kabupaten Sergai adalah kader yang handal ikhlas dan inspiratif. Hal ini karena PKK mendukung penuh program pebangunan menjadikan Sergai "Maju Terus" yaitu mandiri, dejahtera, dan religius.
Tak hanya itu, ia juga mengapresiasi seluruh OPD yang mengikutsertakan PKK dalam seluruh kegiatannya, yang merupakan sebuah sinergitas dengan seluruh OPD. "Ibarat rumah tangga, PKK adalah ibu dalam rumah tangga. Tidak ada laki-laki hebat tanpa ada perempuan hebat di sampingnya, begitu juga dengan PKK," ujarnya.
Adlin juga mengingatkan sejarah berdirinya PKK yang diinspirasi dari kepedulian kaum ibu di Kabupaten Magelang terhadap keadaan masyarakat saat itu. PKK, katanya, merupakan gerakan pembangunan masyarakat bermula dari seminar home economic di Bogor pada tahun 1957 yang menghasilkan rumusan 10 segi kehidupan keluarga.
Pada Mei 1962, lanjutnya, di Desa Salaman Kabupaten Magelang, Provinsi Jawa Tengah didirikan Pusat Latihan Pendidikan Masyarakat (PLPM) untuk menyebarluaskan 10 segi kehidupan keluarga. Sekitar tahun 1967, kehidupan sebagian masyarakat Jawa Tengah sangat menyedihkan, khususnya di daerah Dieng Kabupaten Wonosobo.
"Kenyataan ini menyentuh hati Ibu Isriati Moenadi, sebagai Isteri Gubernur Jawa Tengah saat itu yang merasa bertanggung jawab terhadap kesejahteraan masyarakatnya, dan berinisiatif membentuk PKK di Jawa Tengah, dari tingkat provinsi sampai ketingkat desa dan kelurahan," jelasnya.
Ketua TP PKK Sergai, Ny Hj Rosmaida Darma Wijaya mengucapkan apresiasi yang sama terhadap seluruh kader PKK yang terus berinovasi memajukan kesejahteraan keluarga. Atas kerja tersebut, Hj Rosmaida memberikan apresiasi terbaik kepada kadernya terkait pelaksanaan 10 Program Kerja PKK ditingkat kelurahan dan desa.
Adapun apresiasi yang diberikan kepada 16 kader PKK inspiratif di masing-masing kecamatan yaitu, Murniani P dari Kecamatan Tebingtinggi, Mukti Ali Nasution dari Serbajadi, Eli Sofia Pantaicermin, Suci Ramadani Seibamban, Yuni Triani Sipispis, Hj Ernawati Bintangbayu, Purnama Sari Bandarkalifah, Ponijah Pegajahan, Windayani Dolokmasihul, Tetty br Sinaga Silinda, Nurkhamsani Perbaungan, Ny Santi Aulis Pohan Dolokmerawan, Jamilah Marpaung Tebingsyahbandar, Riahna br Sipayung Kotarih, Yusnilawati Seirampah, dan Riri Kesumawati dari Telukmengkudu.
Selain itu, juga diberikan penghargaan Desa Terbaik dalam enam kategori yaitu, Tertib Administrasi PKK kepada Desa Delimuda Hulu Kecamatan Perbaungan, Pola Asuh Anak dan Remaja diraih Desa Payapinang Kecamatan Tebingsyahbandar, Kategori Usaha Peningkatan Pendapatan Keluarga kepada Desa Bandar pinang Kebun Bintangbayu, Hatinya PKK kepada Desa Pematang setrak Kecamatan Telukmengkudu, IVA Test Kecamatan Seirampah, dan Monitoring Pembangunan Keluarga kepada Desa Tapakmeriah Siinda.
Turut hadir, pengurus Bhayangkari Cabang Polres Sergai, Persit Kartika Chandra Kirana, Ketua Adhiyaksa Dharma Karini Sergai, para Asisten, Kepala OPD, Camat dan ratusan kader PKK. (SS11/r)


Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Bupati Sergai Buka Musrenbang RPJPD Tahun 2025-2045
Dambaan Jilid II Daftar ke Demokrat, PDI-P dan Golkar Sergai
Bupati Bersama Wabup Buka Pameran Pembangunan dan Bazar UMKM Meriahkan HUT Ke-20 Sergai
Bupati Sergai Bersama Wabup dan Forkopimda Ikuti Deklarasi Pemilu Damai
Bupati Sergai Minta Kader PKK Jadi Corong Pemerintah Sampaikan Program Pembangunan
Sosialisasi Percepatan Penurun Stunting, Wabup Sergai Sebut Pembangunan Infrastruktur Harus Dibarengi Pembangunan SDM
komentar
beritaTerbaru