Minggu, 19 Mei 2024 WIB

Pengamat Ekonomi Sumut DR Supriadi Nilai Kabir Bedi Sosok Tepat Kembali Pimpin Tirtanadi

Nelly Hutabarat - Minggu, 05 Mei 2024 23:07 WIB
368 view
Pengamat Ekonomi Sumut DR Supriadi Nilai Kabir Bedi Sosok Tepat Kembali Pimpin Tirtanadi
(Foto: Dok/Ist)
Pengamat ekonomi Sumut, DR Supriadi SE MM MSi
Medan (harianSIB.com)

Pengamat ekonomi Sumatera Utara DR Supriadi SE MM MSi menilai, Kabir Bedi, sosok yang tepat untuk memimpin kembali Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Tirtanadi.

"Berdasarkan data, selama Kabir Bedi jadi Direktur Utama (Dirut), Pendapatan Asli Daerah (PAD) terus meningkat," ujar Supriadi, Minggu sore (5/5/2024).

Ia merinci, PAD pada 2020 disetor kas Pemerintahan Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) mencapai Rp26 miliar lebih. Untuk tahun 2021 meningkat menjadi Rp30 miliar lebih.

Selanjutnya, tahun 2022 mencapai Rp31,5 miliar dan tahun 2023 PAD yang dihasilkan Tirtanadi mencapai Rp35 miliar.

Terkait peningkatan PAD yang dihasilkan setiap tahun ini, lanjutnya, core bisnis yang dibangun Tirtanadi mengalami kemajuan signifikan.

"Hal ini harus ditingkatkan ke depan, karena suatu perusahaan bisa sehat finansial lantaran mengedepankan efisiensi. Nah, di sisi lain, perusahaan ini mampu memaksimalkan layanan, berarti "effort" (upaya) berkonsekuensi pembiayaan," jelas Supriadi.

Selain itu, katanya, banyaknya penghargaan dalam empat tahun berturut yang diraih Perumda Tirtanadi, menunjukkan Badan Usaha Milik Daerah (BUMD) Sumut ini, mengalami banyak perkembangan dan kemajuan dalam tata kelola manajemen perusahaan.

Bahkan, menurutnya, meningkatnya PAD yang dicapai Tirtanadi setiap tahun, juga menunjukkan trend positif dari sisi efisiensi dan tata kelola keuangan berbasis digital. Ini yang membuat akuntabilitasnya unggul.

Supriadi melanjutkan, performa yang ditunjukkan Kabir Bedi selaku Dirut Perumda Tirtanadi, berbuah hasil maksimal dalam tata kelola perusahaan.

"Dua kali mendapatkan penghargaan Golden Trophy Bintang 5, yakni tahun 2023 dan 2024 sebagai CEO Terbaik Top BUMD dari Institut Otonomi Daerah. Jadi, Kabir Bedi adalah sosok yang tepat memimpin kembali Perumda Tirtanadi," ujarnya.

Lebih jauh dikatakannya, kunci atas capaian itu adalah seberapa epik kemampuan manajerial seorang CEO (pemimpin) untuk membangun tata kelola keuangan yang benar-benar akuntabel.

Terkait layanan ke masyarakat, Supriadi berharap pelayanan yang diberikan Tirtanadi kepada masyarakat ke depan bisa lebih baik lagi.

"Kalau untuk hal ini, kita sebagai masyarakat yang juga pelanggan Tirtanadi berharap pelayanan lebih ditingkatkan lagi agar masyarakat semakin puas dengan kinerja Tirtanadi," ujarnya.

Ia menambahkan, dalam kurun waktu empat tahun sejak 2021, Perumda Tirtanadi sudah memperoleh 11 penghargaan dan Kabir Bedi selaku Dirut juga memperoleh penghargaan pribadi sebanyak tujuh penghargaan.

Seperti diketahui, beberapa hari ke depan periodesasi kepemimpinan Kabir Bedi dan dua orang direksi lainnya akan berakhir dan dapat diangkat kembali oleh Pj Gubernur Sumut. (**)


Editor
: Donna Hutagalung
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Warga Perumahan Srigunting Sekitarnya Keluhkan Pelayanan PDAM Tirtanadi
Warga Medan Petisah Mengadu ke Ketua DPRD SU Terkait Krisis Pasokan Air Minum
Air Mati Selama Tiga Hari, Warga Desa Gongsol Datangi PDAM Tirtanadi Cabang Berastagi
Masyarakat Simalingkar Medan Adukan Krisis Air PDAM Tirtanadi ke Ketua DPRD SU
Unras Formasi, Minta agar Ketersediaan Air PDAM Mencukupi
Masyarakat Helvetia Keluhkan  Pelayanan  PDAM Tirtanadi
komentar
beritaTerbaru