Rabu, 19 Juni 2024 WIB

Kejagung Setujui Penghentian Perkara Penganiayaan dari Pematangsiantar dan Langkat

Martohap Simarsoit - Rabu, 22 Mei 2024 19:32 WIB
399 view
Kejagung Setujui Penghentian Perkara Penganiayaan dari Pematangsiantar dan Langkat
Foto:dok/Penkum
Suasana gelar perkara dari ruang vicon lantai 2 Kejati Sumut, Selasa (21/5-2024).
Medan (harianSIB.com)
Dua (2) perkara pidana umum (Pidum) yang terjadi di wilayah hukum (Wilkum) Kejati Sumut, disetujui Kejagung agar diselesaikan lewat pendekatan keadilan restoratif atau Restorative Justice (RJ).

Artinya, kedua perkara pidum yang diterima kejaksaan dari penyidik Polri tersebut tidak diteruskan JPU ke pengadilan, melainkan dihentikan penuntutannya di tingkat kejaksaan.

Kasi Penkum /Humas Kejati Sumut Yos Tarigan SH MH, Rabu(22/5-2024) menginformasikan, kedua perkara itu dihentikan penuntutannya setelah Kajati Sumut Idianto diwakili Asintel I Made Sudarmawan didampingi Aspidum Luhur Istighfar dan para Kasi, melakukan gelar perkara secara online kepada JAM Pidum, dari ruang vicon lantai 2 Kantor Kejati Sumut Jalan AH Nasution Medan.

Baca Juga:

Disebutkan, kedua perkara tersebut berasal dari Kejari Pematang Siantar dan Kejari Langkat masing ng masing satu perkara pidum, penganiayaan melanggar Pasal 351 Ayat (1) KUHPidana.

"Usul penghentian dengan penerapan RJ itu disetujui mengacu pada Perja Nomor 15 Tahun 2020, setelah syarat syarat yang ditentukan dipenuhi.

Baca Juga:

Syarat dimaksud antara lain, tersangka baru pertama kali melakukan tindak pidana, ancaman hukumannya tidak lebih dari 5 tahun penjara, kerugian yang ditimbulkan akibat perbuatan tersangka tidak lebih dari Rp2,5 juta," papar Yos A Tarigan.

Kemudian antara tersangka dan korban saling memaafkan dan proses perdamaian disaksikan keluarga kedua belah pihak, tim penyidik dari Polres, tokoh masyarakat, JPU dan Kajari.(**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
33 Pejabat Kejagung Dilantik: Asep Nana Jadi Jampidum, Harli Siregar Kapuspenkum
Dugaan Korupsi 109 Ton Emas, Kejagung Tetapkan 6 Orang Mantan GM Unit Bisnis di PT Antam
Kapuspenkum Tanggapi Isu Penguntitan dan Pelaporan Terhadap JAM Pidsus
Jampidsus Dilaporkan ke KPK Soal Lelang Aset Sitaan Kasus Jiwasraya, Ini Kata Kejagung
Siapa Jampidsus Yang Diintai Densus 88? Ini Kronologi Lengkapnya
Anggota DPRD Medan Paul Simanjuntak Datangi Kejaksaan Agung
komentar
beritaTerbaru