Senin, 15 Juli 2024

DPRD SU Desak Kadispora Sumut Jangan Bungkam Soal Kesiapan dan Anggaran PON XXI Sumut-Aceh

Firdaus Peranginangin - Senin, 27 Mei 2024 20:36 WIB
629 view
DPRD SU Desak Kadispora Sumut Jangan Bungkam Soal Kesiapan dan Anggaran PON XXI Sumut-Aceh
Foto Dok/Firdaus
Poaradda Nababan-Tuahman Franciscus Purba.
Medan (harianSIB.com)
Kalangan DPRD Sumut mendesak Kadispora Sumut dan Panitia Besar (PB) PON XXI agar terbuka ke publik soal kesiapan dan anggaran PON XXI Sumut - Aceh yang akan berlangsung pada 8 - 20 September 2024, karena pembangunan Sumut Sport Center di kawasan Desa Sena, Kecamatan Batang Kuis, Kabupaten Deli Serdang serta sejumlah venue lainnya masih belum rampung.


Penegasan itu disampaikan Ketua Fraksi Partai NasDem DPRD Sumut Tuahman Franciscus Purba dan Ketua Komisi C Poaradda Nababan kepada wartawan, Senin (27/5/2024) di DPRD Sumut menanggapi berita SIB (27/5/2024), terkait bungkamnya Kadispora Sumut Baharuddin Siagian soal persiapan PON XXI Sumut - Aceh.


"Kadispora Sumut hendaknya terbuka ke publik sejauhmana persiapan PON XXI Sumut - Aceh serta berapa sebenarnya anggaran yang dibutuhkan lagi dalam pelaksanaan pekan olah raga ini. Agar hasilnya tidak amburadul," tandas Poaradda Nababan.

Baca Juga:

Politisi PDI Perjuangan ini meyakini, pelaksanaan PON XXI ini sebenarnya terkesan dipaksakan, sehingga dikawatirkan hasilnya tidak akan maksimal, sebab selain bersamaan waktunya dengan Pilkada serentak, juga situasi keuangan Pemprov Sumut saat ini sedang tidak baik-baik saja alias adanya defisit sebesar Rp500 miliar.


"Dispora dan PB PON XXI menargetkan pada Juni ini semua udah tuntas, termasuk pembangunan Sport Center atau Stadion Utama Sumut sebagai Venue utama yang kapasitasnya mampu menampung 25 ribu penonton. Padahal fasilitas jalan masuk, halaman parkir pun belum selesai," tegas Poaradda.

Baca Juga:

Berkaitan dengan itu, Tuahman Purba mengajak seluruh pihak yang terkait dengan pelaksanaan PON XXI ini, baik Pj Gubernur Sumut, Dispora Sumut, PB PON XXI Sumut - Aceh untuk turun ke lapangan, guna mengecek progres pembangunan dan kesiapan gedung-gedung olah raga, baik Sport Center, sejumlah venue di Medan dan daerah lainnya.


"Jangan kita hanya bisa mengklaim bahwa Sumut sudah siap menjadi tuan rumah PON XXI, tapi faktanya di lapangan semua masih belum siap," ujar Tuahman sembari meminta Dispora Sumut dan PB PON XXI beri penjelasan ke publik terkait situasi terkini persiapan gedung-gedung maupun venue PON.


Diakui Tuahman, untuk menghadapi PON XXI ini, APBD Sumut sudah banyak terkuras habis, baik dalam membangun gedung-gedung olah raga, seperti Sport Center maupun sejumlah venue di sejumlah daerah di Sumut.


"Saat membangun gedung olah raga ini, banyak habis APBD Sumut dan untuk merawat gedung-gedung ini nantinya, juga akan menghabiskan dana APBD. Yang menjadi pertanyaan, mampukah nantinya APBD Sumut merawatnya. Jika tidak, gedung olah raga ini nantinya bisa menjadi "rumah hantu" rusak tak terawat," katanya.(**).

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Ketua DPRD SU Prihatin Kondisi Anjungan Sumut di TMII DKI Jakarta Minim Fasilitas
Ketua DPRD SU "Sidak" ke Bank Sumut Cabang Melawai DKI Jakarta Lihat Capaian Target
Ketua DPRD SU Apresiasi Pemprov Sumut Alokasikan Dana Hibah Pilkada di Sumut Rp999 Miliar
DPRD SU: Teguran Kemendagri Kepada 4 Bupati/Wali Kota di Sumut Harus Segera Disikapi
Ketua Dewan UKM Sergai Nilai Kehadiran Alun-alun Rangsang Pertumbuhan Ekonomi dan UKM
Ketua DPRD SU: Jadikan Tahun Baru 1 Muharram 1446H Momentum Kebangkitan Sumut
komentar
beritaTerbaru