Sabtu, 20 Juli 2024

Lindungi Nelayan Sumut, Pj Gubernur Serahkan Asuransi Nelayan dan Luncurkan Nembush

Danres Saragih - Senin, 03 Juni 2024 17:18 WIB
300 view
Lindungi Nelayan Sumut, Pj Gubernur Serahkan Asuransi Nelayan dan Luncurkan Nembush
Foto: Dok/Diskominfo Sumut
NEMBUSH: Pj Gubernur Sumut Hassanudin meluncurkan Program Nembush serta menyerahkan asuransi secara simbolis kepada nelayan di Aula Raja Inal Siregar Lantai 2 Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Medan, Senin (3/6/2024).
Medan (SIB News Network|SNN)
Sebanyak 143.250 nelayan di Sumut akan mendapat asuransi. Pemprov Sumut 2024 telah mengalokasikan dana dari APBD untuk asuransi nelayan 6.000 orang yang tersebar di 22 kabupaten/kota. Sejak 2011 Pemprov Sumut telah memberikan asuransi 64.557 orang nelayan.

Hal itu disampaikan Pj Gubernur Sumut Hassanudin saat menyerahkan asuransi nelayan dan meluncurkan Program Nelayan Membangun Sumatera Utara Hebat (Nembush) di Aula Raja Inal Siregar, Kantor Gubernur, Jalan Diponegoro 30, Medan, Senin (3/6/2024).

Dijelaskan, kedua program itu diharapkan dapat meningkatkan jaminan perlindungan dan kesejahteraan nelayan di Sumut.

Baca Juga:

"Nelayan adalah profesi yang sangat berisiko tinggi dalam menjalankan tugasnya untuk menangkap ikan di laut. risiko kecelakaan, risiko meninggal dunia akibat tenggelam, risiko cacat kerja dan lainnya," katanya.

Kata Pj Gubernur, nelayan memiliki peranan sebagai pahlawan protein bangsa yang harus diperhatikan. Untuk itu peningkatan kesejahteraan dan jaminan perlindungan nelayan ketika melaut dengan jumlah yang sangat banyak sangat dibutuhkan.

Baca Juga:

Sementara itu, program Nembush diciptakan Pemprov bertujuan untuk meningkatkan kesejahteraan nelayan dan perlindungan, serta pelestarian ekosistem di laut yang berkelanjutan.

Adapun fokus pencapaian program tersebut di antaranya Kampung Nelayan Sejahtera, Kampung Perikanan Budidaya Sejahtera, perlindungan dan konservasi laut, dan pengawasan sumber daya kelautan dan perikanan.

Wakil Kepala Wilayah BPJS Ketenagakerjaan Sumbagut M Riadh mengapresiasi Pemprov Sumut yang telah berkelanjutan mengoptimalkan kepesertaan BPJS Ketenagakerjaan. Ia memaparkan, pada tahun 2022-2023 Pemprov Sumut telah memberikan perlindungan sosial pada 41.000 pekerja rentan dari berbagai sektor. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Pasca Rekonstruksi, Polisi Belum Juga Beberkan Motif Pembunuhan Rico Sempurna Pasaribu
Jelang PON XXI, Kakorlantas Polri Tinjau Pembangunan Sumut Sport Center
Jelang PON XXI Aceh-Sumut 2024, Polda Sumut Gelar Operasi Patuh Toba untuk Tingkatkan Disiplin Berlalu Lintas
Adam Julius Situmorang Ketua Asisi Sumut, Dikukuhkan Bersama 13 Koordinator Kabupaten Kota
PON ke-21 Aceh-Sumut Makin Gencar Disosialisasikan di Medan
Pemprov Sumut Ajak Pelaku Pariwisata Dukung PON XXI Aceh-Sumut
komentar
beritaTerbaru