Sabtu, 20 Juli 2024

Kakanwil Kemenkumham Sumut Hadiri Sosialisasi Program Desa Binaan Imigrasi

Rickson Pardosi - Kamis, 13 Juni 2024 16:19 WIB
219 view
Kakanwil Kemenkumham Sumut Hadiri Sosialisasi Program Desa Binaan Imigrasi
Foto dok Humas
Kadiv Keimigrasian Yan Wely Wiguna bersama narasumber dari Polda Sumut dan BP3MI Deliserdang beserta para undangan lainnya berfoto bersama usai mengikuti kegiatan sosialisasi program desa binaan imigrasi di Thongs Inn Kualanamu, Kamis (13/6/2024).
Medan (harianSIB.com)
Kepala Kantor Wilayah Kementerian Hukum dan HAM Sumatera Utara diwakili Kepala Divisi (Kadiv) Keimigrasian Yan Wely Wiguna mengikuti kegiatan Sosialisasi Program Desa Binaan Imigrasi di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan, di Thongs Inn Kualanamu, Kamis (13/6/2024)

Kegiatan tersebut dibuka Kadiv Keimigrasian Yan Wely Wiguna. Ia menyampaikan, Desa Binaan yang dimaksud adalah Desa Binaan Imigrasi yang merupakan program kolaborasi antara imigrasi dan perangkat desa. Disebutkannya, perangkat desa akan menjadi perpanjangan tangan imigrasi di tingkat desa dalam penyampaian informasi tentang keimigrasian di tingkat desa.

Dengan keberadaan desa binaan itu, diharapkan bisa menjadi garda terdepan dalam mencegah Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO) dan Tindak Pidana Penyelundupan Manusia (TPPM). Desa binaan diharapkan dapat menjadi jembatan informasi bagi masyarakat melalui penyebarluasan informasi ke desa-desa lain di luar desa binaan.

Baca Juga:

Sebelumnya dalam Laporan Ketua Panitia, menyampaikan bahwa tujuan kegiatan Sosialisasi Program Desa Binaan Imigrasi di Wilayah Kerja Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan adalah, agar akses masyarakat terhadap informasi keimigrasian menjadi lebih mudah, khususnya masyarakat yang memiliki keterbatasan akses dan jangkauan untuk datang langsung ke Kantor Imigrasi.

Pada kegiatan tersebut menghadirkan 2 narasumber, yakni dari Polda Sumut dan Balai Pelayanan Perlindungan Pekerja Migran Indonesia (BP3MI) Deliserdang.

Baca Juga:

Dalam paparannya, BP3MI Deliserdang menyampaikan tentang penyebarluasan informasi penempatan pekerja migran Indonesia secara Prosedural, sementara dari Polda Sumut menyampaikan tentang upaya pencegahan dan penanganan Tindak Pidana Perdagangan Orang (TPPO).

Hadir dalam kegiatan itu, jajaran Kantor Imigrasi Kelas I Khusus TPI Medan dengan peserta terdiri dari perwakilan yang berasal dari Badan Kesatuan Bangsa dan Politik Kabupaten Deliserdang, Kodim 0204/ Deliserdang, Polres Deliserdang, BP3MI Deliserdang, Koramil Pantai Labu, Polsek Pantai Labu, ⁠Camat Pantai Labu, seluruh kepala resa sejajaran Kecamatan Pantai Labu, Babinsa dan Bhabinkamtibmas. (**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Kalapas Labuhan Ruku Terima Kunker Kakanwil Kemenkumham Sumut
Kakanwil Kemenkumham Sumut Resmikan Musola Lapas Tanjungbalai
Tingkatkan Sinergitas, Kapolda Terima Kakanwil Kemenkumham Sumut
Kakanwil Kemenkumham Sumut Lantik Pejabat JFT Analis Kekayaan Intelektual
Kakanwil Kemenkumham Sumut Lantik Pejabat JFT Analis Kekayaan Intelektual
Anak Agung Gde Krisna Dilantik Jadi Kakanwil Kemenkumham Sumut yang Baru
komentar
beritaTerbaru