Senin, 15 Juli 2024

Underpass Gatot Subroto Medan Ditargetkan Selesai September 2024

Horas Pasaribu - Jumat, 21 Juni 2024 22:44 WIB
532 view
Underpass Gatot Subroto Medan Ditargetkan Selesai September 2024
(Foto SIB/Dok Kementerian PUPR)
Foto rencana Underpass Jalan Gatot Subroto Medan.
Jakarta (harianSIB.com)
Underpass Gatot Subroto di Kota Medan, Sumatera Utara, sedang dibangun Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR). Proyek ini mulai dikerjakan sejak 26 September 2023, ditargetkan selesai pada 19 September 2024, menggunakan Anggaran Pendapatan dan Belanja Negara (APBN) 2023-2024 senilai Rp 217,8 miliar.

Dilansir Kompas.com, Jumat (21/6/2024). keberadaan underpass ini sudah sangat dinantikan masyarakat karena akan mengurai simpul kemacetan akibat pertemuan lalu lintas dari empat arah, yakni Jalan Gatot Subroto-Jalan Binjai yang merupakan bagian dari segmen jalan nasional di perkotaan Kota Medan dengan Jalan Ring Road-Jalan Asrama.

Underpass Gatot Subroto dibangun sepanjang 750 meter dengan galian struktur menggunakan Mesin Hydraulic Grab untuk dinding diafragma. Tercatat hingga 10 Juni 2024, progres konstruksinya telah mencapai 48,85 persen dengan lingkup pekerjaan, meliputi pembangunan diafragma wall setebal 80 sentimeter, pekerjaan tiang bor beton dengan diameter 800 milimeter, dan perkerasan beton semen menggunakan paver setinggi 30 sentimeter.

Baca Juga:

Pembangunan Underpass ini Subroto akan menambah kapasitas jalan dari semula dua lajur menjadi empat lajur. Dengan dibangunnya underpass ini diharapkan arus lalu lintas dari Kota Medan menuju Binjai maupun menuju jalur Lintas Sumatera Medan-Tebing Tinggi tidak mengalami hambatan atau kemacetan.

Pasalnya menurut Menteri PUPR Basuki Hadimuljono, konektivitas antar-wilayah diperlukan agar mobilitas barang, jasa, dan manusia lebih efisien. Dengan konektivitas yang semakin lancar diharapkan akan meningkatkan pertumbuhan ekonomi daerah sehingga dapat membantu proses percepatan pembangunan di wilayah tersebut.

Baca Juga:

"Pembangunan infrastruktur jembatan, flyover, dan underpass akan memperlancar konektivitas dan aksesibilitas lalu lintas, di samping memberikan alternatif bagi warga untuk meningkatkan produktivitas perekonomian," kata Basuki.(**)

Editor
: Bantors Sihombing
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Meski Sudah Bayar Iuran, Sampah Warga Ladang Bambu Tidak Rutin Diangkut
HKBP Distrik X Berharap, Pemimpin Daerah yang Terpilih Takut Akan Tuhan
Adik Rico Sempurna Pasaribu Didampingi Kuasa Hukum PPRPI Laporkan Dugaan Pembunuhan Berencana ke Polda Sumut
Wali Kota Medan Tinjau Progres Revitalisasi Taman Cadika dengan Biaya Rp25 Miliar Non APBD
KPU Sumut Gelar Rakor Tahapan Pencalonan Kepala Daerah dalam Pilkada 2024
Bobby Nasution Mentor Kadis PMPTSP & Kepala Kesbangpol di Pelatihan Kepemimpinan Nasional
komentar
beritaTerbaru