Sabtu, 22 Juni 2024 WIB

Bungkam Filipina, Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026

Christopel H Naibaho - Selasa, 11 Juni 2024 21:38 WIB
526 view
Bungkam Filipina, Indonesia Lolos ke Putaran Ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026
Foto Dok/PSSI
MENANG: Pemain Timnas Indonesia, Asnawi Mangkualam (kiri) berebut bola dengan pemain Filipina pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Indonesia menang 2-0.
Jakarta (harianSIB.com)
Tim Nasional Indonesia membungkam Filipina 2-0 pada laga Grup F putaran kedua Kualifikasi Piala Dunia 2026 di Stadion Gelora Bung Karno, Jakarta, Selasa (11/6/2024). Kemenangan ini memastikan Indonesia lolos ke putaran ketiga sekaligus lolos ke putaran final Piala Asia 2027.

Sejak laga dimulai, Indonesia terus mengepung pertahanan Filipina. Tiga trio lini depan Indonesia yang diisi Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen dan Rafael Struick terus merepotkan sang lawan.

Tujuh menit laga berjalan, Marselino menyundul bola mengarah ke gawang. Namun, bola masih bisa diamankan kiper Kevin Ray Mendoza.

Baca Juga:

Peluang demi peluang didapat Indonesia, termasuk dari tendangan dari luar kotak penalti. Mulai dari tendangan Tom Haye, Justin Hubner dan Calvin Verdonk, tak ada yang tepat sasaran.

Pada menit ke-27, Calvin Verdonk yang melakukan overlap nyaris membawa Indonesia unggul. Sayang, tendangan Verdonk dari jarak dekat bisa ditepis kiper lawan. Dua menit kemudian, giliran sepakan keras Marseliono yang digagalkan sang kiper.

Baca Juga:

Gol untuk Indonesia baru tercipta pada menit ke-31. Thom Haye melepas tendangan terukur dari luar kotak penalti, tanpa mampu dijangkau kiper. Indonesia memimpin 1-0 di babak pertama.

Usai turun minum, Indonesia kembali tancap gas. Tekanan dan tekanan terus dilakukan, termasuk upaya Calvin Verdonk lewat tendangan bebasnya yang digagalkan kiper.

Indonesia mencetak gol keduanya di laga ini pada menit ke-55. Lewat skema set piece, umpan Nathan disambut Rizky Ridho lewat sundulan untuk mencetak gol. Indonesia pun memimpin 2-0.

Unggul dua gol, tak membuat Indonesia menurunkan serangannya. Indonesia pun nyaris kembali menjauh setelah sundulan Jay Idzes mengenai tiang gawang pada menit ke-71.

Jelang waktu normal usai, terjadi insiden yang membuat pemain Filipina Adrian Ugelvik
mengalami cedera serius. Ugelvik pun langsung diangkut pakai Ambulans.

Di sisa waktu, tak ada gol tambahan lagi tercipta. Indonesia menutup laga dengan kemenangan dua gol tanpa balas.

Hasil ini membuat Indonesia mengunci posisi runner up Grup F dengan 10 poin untuk lolos ke putaran ketiga Kualifikasi Piala Dunia 2026 yang diisi 18 tim. Ada tiga grup nantinya dengan masing-masing terdiri dari 6 tim.

Dua tim teratas di setiap grup lolos ke putaran final, tim peringkat ketiga dan keempat melaju ke putaran keempat untuk memperebutkan dua jatah tersisa melalui playoff antarbenua.

Susunan Pemain

Indonesia (3-4-3)
Ernando Ari (PG); Rizky Ridho, Jay Idzes, Justin Hubner; Asnawi Mangkualam, Thom Haye, Nathan Tjoe-A-On, Calvin Verdonk; Marselino Ferdinan, Ragnar Oratmangoen, Rafael Struick

Filipina (4-2-3-1)
Kevin Ray Mendoza (PG); Scoot Woods, Andrian Ugelvic, Santiago Rublico, Jesper Nyholm; Michael Baldisimo, Kevin Ingreso; Dylan Demuynck, Zico Balley, Alex Monis; Patrick Reichelt. (**)

Editor
: Eva Rina Pelawi
SHARE:
Tags
beritaTerkait
Underpass Gatot Subroto Medan Ditargetkan Selesai September 2024
Forkopimda dan Masyarakat Sambutan Kedatangan Pj Bupati Palas
Petani Terdaftar di e-RDKK Berhak Terima Pupuk Bersubsidi
KONI Asahan Persiapkan Pembentukan Korcam
Pj Wali Kota Padangsidimpuan yang baru H Timur Tumanggor Disambut Acara Adat Angkola
Workshop SPS Sumut, Ijeck: Kita Rawat Bersama Media Sehat dan Bertanggungjawab
komentar
beritaTerbaru