Wali Kota Tebingtinggi Dukung Pemekaran HKI Daerah XIV


302 view
Wali Kota Tebingtinggi Dukung Pemekaran HKI Daerah XIV
Foto Dok/Kominfo
FOTO BERSAMA : Panitia Pemekaran HKI dengan Ketua Umum AKBP R Simanjuntak foto bersama dengan Wali Kota Tebingtinggi Umar Zunaidi Hasibuan, Selasa (20/10/2020)
Tebingtinggi (SIB)
Panitia Pemekaran Huria Kristen Indonesia (HKI) Daerah XIV terdiri dari 9 resort yang ada di Kota Tebingtinggi, Kabupaten Serdang Bedagai (Sergai) dan Kabupaten Batubara audiensi ke Wali Kota Tebingtinggi, Selasa (20/10/2020).

Kehadiran panitia pemekaran disambut Wali Kota Umar Zunaidi Hasibuan didampingi Staf Ahli Zubir Harahap SE, Kadis Kominfo Dedi P Siagian dan Kabag Kesra Sabana Hasibuan.

Ketua Umum AKBP R Simanjuntak menyampaikan bahwa kedatangan rombongan untuk mengundang Wali Kota untuk hadir dalam peresmian pemekaran Daerah XIV sekaligus memberikan arahan dan bimbingan. Dalam peresmian nantinya Wali Kota Tebingtinggi bersama Bupati Batubara dan Bupati Sergai akan menandatangani prasasti, pada Minggu (1/11/2020).

Dalam pemekaran daerah ini, ujarnya, akan dibangun rumah dinas distrik dan gedung kantor daerah, sehingga pelayanan lebih efektif ke depannya.

Sementara Ketua Pelaksana Dias Las Naro mengungkapkan bahwa selama ini wilayah Tebingtinggi, Sergai dan Batubara bergabung pada Daerah VI yang berkantor di Kota Medan. Selain wilayah ini, Daerah VI juga membawahi Kota Medan, Kabupaten Langkat dan Kabupaten Deli Serdang,

"Dari luas wilayah yang dimiliki Daerah VI, jarak tempuh cukup jauh, sehingga berdasarkan kesepakatan bersama Pdt Resort dengan jemaat, disetujui Praeses diadakan pemekaran Daerah XIV guna memaksimalkan pelayanan bagi seluruh jemaat," sebutnya.

"Selain itu, mengingat pelaksanaan kegiatan ini dalam masa pandemi Covid-19, panitia akan melaksanakan kegiatan ini sesuai protokol dengan mempersiapkan handsanitizer, tempat cuci tangan dan masker. Harapan kami, dengan berdirinya kantor daerah yang baru ini, seluruh kegiatan jemaat di 9 resort dan pagaran HKI dapat terlayani dengan baik sehingga keimanan semua jemaat semakin meningkat," imbuhnya.

Menanggapi penjelasan dari Panitia Pemekaran, Wali Kota sangat mengapresiasi dan mendukung pemekaran HKI Daerah XIV karena berguna bagi jemaat dalam peningkatan spiritualitas.

"Maka itu, pemimpin agama baik Pendeta dan Ustad harus meningkatkan keimanan dan mengajarkan kebaikan. Bila hanya uang yang dicari pemimpin ibadah, maka hanya uanglah yang didapatnya," sebut Wali Kota.

Dikatakan Wali Kota, ingat tahun 1928, Hari Sumpah Pemuda, perjuangan untuk menyatukan beragam suku/ adat yang di NKRI. "Maka itu jangan dibentuk kelompok-kelompok dalam gereja karena akan dapat merongrong kesatuan dan persatuan. Dengan adanya pemekaran ini, diharapkan dapat menjadi corong pendukung program pemerintah," tandasnya.

Diceritakan Wali Kota, saat dirinya berkunjung ke Sulawesi Utara, dia melihat rumah ibadah Gereja bukan dibuka hanya hari Minggu, tetapi setiap hari. Banyak kegiatan yang mereka laksanakan seperti membuat pendidikan, kesehatan dan memberdayakan usaha masyarakat

Disebutkan, gereja bukan saja tempat berkumpul berdoa, bernyanyi dan mendengar khotbah, tapi jadikan tempat pembinaan jemaat dan masyarakat, apalagi, dalam pembinaan tentang bahaya Narkoba karena hal ini merupakan musuh terbesar negara yang dapat merusak masa depan bangsa

"Atas nama Pemerintah Kota Tebingtinggi kami siap mendukung kegiatan pemekaran ini dan untuk bantuan, akan kami usahakan direalisasi tahun 2021 mendatang, " ujar Umar (*)

Penulis
: Humala Siagian
Editor
: Robert@hariansib.com/Eva Rina P
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com