Senin, 20 Mei 2024 WIB
Debat ke-2 Tiga Capres Saling Sindir

Anies Baswedan-Prabowo Subianto Debat Sengit

* Ganjar: Mungkin Saya di Tengah untuk Mendinginkan
Redaksi - Senin, 08 Januari 2024 08:46 WIB
241 view
Anies Baswedan-Prabowo Subianto Debat Sengit
(Foto: Detikcom/Agung Pambudhy)
PEGANG PINGGANG: Calon presiden nomor urut 2, Prabowo Subianto memegang pinggang sambil menyorongkan mulutnya saat menginterupsi dan merespons pernyataan Anies terkait data soal luas lahan yang disampaikan Prabowo Subianto di sesi kedua Debat Pi
Jakarta (SIB)
Debat ke-2 calon presiden (Capres) Pemilu 2024 berlangsung seru, ketiga capres Anies Baswedan, Prabowo Subianto dan Ganjar Pranowo saling sindir saat di sesi debat di Istona Senayan, Jakarta, Minggu (7/1) malam.
Mendinginkan
Capres nomor 1 Anies Baswedan dan capres nomor urut 2 Prabowo Subianto beberapa kali terlibat debat sengit dalam debat capres, Minggu (7/1). Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo kemudian berkelakar soal posisi berdirinya yang menengahi Prabowo dan Anies.
Hal ini disampaikan Ganjar saat menjawab pertanyaan yang disampaikan Prabowo dalam debat. Sebelum menjawab, Ganjar mengatakan posisinya yang berada di tengah untuk mendinginkan suasana Anies dan Prabowo.
"Mudah-mudahan saya didulukan di tengah memang agak mendinginkan dua kawan saya kiri kanan," kata Ganjar.
Dalam debat, diketahui posisi podium Ganjar ditempatkan di tengah. Sementara Prabowo di sebelah kanan Ganjar dan Anies di sebelah kiri Ganjar.
Anies dan Prabowo diketahui beberapa kali beradu argumen dalam debat capres kedua ini. Salah satunya masalah dalam sektor pertahanan hingga alutsista.



SINDIR KERAS
Capres nomor urut 1 Anies Baswedan memulai debat capres dengan melemparkan sindiran keras. Anies menyindir program food estate singkong.
"Food estate singkong yang menguntungkan kroni, merusak lingkungan dan tidak menghasilkan, ini harus diubah," kata Anies saat menyampaikan visi dan misinya.
Anies mengaku akan mengutamakan kepemimpinan yang menjunjung tinggi etika. Dia mengatakan dirinya akan mengandalkan informasi.
"Kami akan mulai dengan kepemimpinan yang menjunjung tinggi etika kepemimpinan yang andalkan data informasi kapasitas yang serius," ucap Anies.
Anies ingin Indonesia berperan di level global, namun urusan dalam negeri tetap diurus dengan baik. Dia mengatakan kewibawaan Indonesia harus didasarkan pada kekuatan.
"Kewibawaan berdasarkan kekuatan, untuk itu kita butuh perubahan," ucapnya.
Anies juga mengungkapkan langkah-langkah yang akan dilakukan untuk memperkuat pertahanan siber. Ada tiga langkah yang akan dilakukan Anies, dimulai dari membangun sistem yang komprehensif.
"Menurut kami, perlu sekali kita membangun satu, struktur pertahanan siber yang serius dan ini tidak cukup dengan memberikan tugas pada sekelompok orang. Satu, dengan membangun suatu sistem yang komprehensif, perencanaan yang komprehensif yang melibatkan seluruh lembaga termasuk komponen masyarakat," kata Anies.
Anies menuturkan, langkah kedua dengan membuat pengadaan teknologi baru. Anies menyebut kunci dari langkah ini bukan pada teknologi semata melainkan melibatkan semua elemen.
"Yang kedua adalah pengadaan teknologi-teknologi terbaru. Tapi kuncinya bukan semata-mata pada teknologinya. Kuncinya adalah pada pelibatan semua secara semesta," ujarnya.
Kemudian yang ketiga, Anies mengatakan perlu ada mekanisme respons balik. Menurut Anies hal itu diperlukan untuk mengembalikan sistem yang diserang.
"Yang ketiga, yang tidak kalah penting adalah mekanisme untuk merespons balik apabila terjadi kondisi serangan, sehingga bisa memiliki kecepatan untuk recover, kecepatan untuk kembali dalam sistem ketika terjadi serangan-serangan siber itu. Jadi menyusun ini, satu melibatkan secara komprehensif, kedua menggunakan teknologi terbaru, yang ketiga sistem recovery yang cepat," imbuhnya.
Anies juga menyinggung serangan hacker dalam debat ketiga Pilpres 2024. Anies mengatakan Kementerian Pertahanan pernah dibobol hacker tahun 2023.
Anies awalnya bicara soal tantangan yang dihadapi Indonesia. Dia menyinggung sebanyak 160 ribu orang meninggal akibat serangan virus.
"Dalam beberapa tahun ini lebih dari 160 ribu orang meninggal bukan karena serangan militer tapi karena serangan virus. HP kita, komputer kita diserang oleh cyber attack lebih dari 800 juta cyber attack," katanya.
Anies juga menyinggung soal perdagangan manusia dengan jumlah korban sebanyak 3 ribu orang. Kemudian Anies menyoroti soal narkoba yang menyerbut Indonesia.
"(Sebanyak) 4,8 juta orang terpapar narkoba, keluarga-keluarga kita menderita karena narkoba ini. Dan itu pedih sekali," katanya.
Anies juga mengatakan Indonesia kebobolan dalam hal pencurian ikan dan pasir. Termasuk Kementerian Pertahanan yang diretas pada tahun 2023.
"Lebih jauh lagi ironisnya, Kementerian Pertahanan menjadi kementerian yang dibobol oleh hacker di 2023, sebuah ironi, karena itu kita ingin mengembalikan dan Rp 700 triliun anggaran Kementerian Pertahanan," katanya.


Baca Juga:


SENTIL PRABOWO
Capres nomor urut 2 Prabowo Subianto memaparkan soal apa yang bisa dilakukan Indonesia dalam geopolitik di kawasan selatan-selatan. Namun, bagi capres nomor urut 1 Anies Baswedan apa yang dipaparkan oleh Prabowo bisa ditemukan di Google.
"Penjelasan tadi tidak menjelaskan peran Indonesia di selatan-selatan itu hanya menggambarkan bagaimana kita membangun Indonesia," kata Anies menanggapi Prabowo.
"Dan ketika kita membangun dengan baik tidak otomatis jadi contoh," lanjut Anies.
Anies lantas mencontohkannya dengan apa yang dilakukan oleh Bung Karno dalam Konferensi Asia Afrika (KAA). Waktu itu, Ali Sastroamidjojo menjadi wakil Indonesia di KAA.
"Yang harus dilakukan adalah seperti ketika era Bung Karno. Pada waktu itu Ali Sastroamidjojo. Apa yang dilakukan? Merangkul semua," ungkapnya.
Anies mengatakan, saat itu membawa kawasan selatan. Bagi Anies, apa yang dijelaskan Prabowo bisa dicari di Google.
"Membawa apa yang menjadi agenda Selatan-Selatan. Bukan menceritakan agenda kita. Semua orang bisa membaca di Google tentang apa yang kita kerjakan," katanya.
Tema debat capres kali ini adalah Pertahanan, Keamanan, Hubungan Internasional, Globalisasi, Geopolitik dan Politik Luar Negeri.
Anies juga menyinggung perihal utang negara. Anies bicara mengenai utang produktif dan nonproduktif.
Awalnya, Anies mengatakan, dalam mencari utang luar negeri, diperlukan skema kreatif. Selain itu, menurutnya, harus ada perluasan wajib pajak.
Menurutnya, utang-utang negara itu harus dipakai untuk aktivitas produktif.
"Yang harapannya nanti akan memperkuat juga GDP, di samping mengurangi kebocoran pajak, dan utang-utang yang kita gunakan untuk aktivitas produktif," katanya.
Dia menyebut ada utang negara yang tidak produktif. Salah satunya, menurutnya, utang untuk membeli alutsista bekas.
"Jangan utang itu digunakan untuk kegiatan nonproduktif, misalnya utang dipakai membeli alutsista bekas oleh Kementerian Pertahanan, itu bukan sesuatu yang tepat," ucap Anies.
Anies Baswedan juga menyindir Prabowo Subianto dengan menyinggung kesejahteraan TNI. Dalam momen itu, Anies juga sempat menjanjikan perumahan untuk prajurit TNI.
Anies awalnya menyinggung terkait Prabowo yang mempunyai tanah lebih dari 340 ribu hektare. Dia menyebut, di waktu yang sama, lebih dari separuh prajurit TNI tidak punya rumah dinas.
"Tidak ada yang perlu dirahasiakan, Bapak Presiden menyampaikan Bapak punya lahan lebih dari 340 ribu hektare, sementara TNI kita prajurit kita lebih dari separuh tidak punya rumah dinas, itu fakta, tidak perlu dibicarakan secara tertutup, itu kekurangan yang harus kita perbaiki," kata Anies.
Anies lalu menyoroti pernyataan Prabowo yang berjanji meningkatkan kesejahteraan TNI. Dia heran lantaran Prabowo sudah 4 tahun menjadi Menteri Pertahanan tapi baru menyampaikan apa yang akan dilakukan.
"Ketika tadi Bapak katakan Bapak akan meningkatkan kesejahteraan, Pak, Bapak ini sudah Menhan 4 hampir 5 tahun, bukan calon Menhan, jadi harusnya menunjukkan inilah yang sudah saya kerjakan, bukan mengatakan apa yang akan dilakukan," ucapnya.
Anies lantas menyebut jika dirinya diberi kepercayaan untuk menjadi presiden, maka dia akan menjanjikan perumahan prajurit TNI. Dia menyinggung prajurit TNI diminta menjaga kedaulatan Indonesia, tapi tidak punya tempat tinggal.
"Saya menyampaikan bila saya ditugasi maka kenaikan gaji dilakukan tiap tahun, perumahan prajurit TNI dipastikan dibangun sehingga mereka tidak perlu ngekos, tidak perlu mereka sewa, dan mereka bisa tenang. Mereka diminta mempertahankan setiap jengkal tapi kita tidak memberikan tempat tinggal bagi mereka berdinas, itu tidak benar, itu harus dikoreksi," tutur dia.


Baca Juga:


ASAL BICARA
Prabowo Subianto juga berbicara terkait pertahanan negara dalam debat capres. Prabowo mengatakan Indonesia mempunyai pertahanan yang kuat.
"Seribu kawan terlalu sedikit, satu lawan terlalu banyak. Kita akan menjalankan politik tetangga baik, saudara sekalian kita bertekad harus punya pertahanan yang kuat," kata Prabowo.
Prabowo mengatakan ada pihak yang asal bicara mengenai pertahanan tanpa lebih dulu melihat data yang ada. Menurut Prabowo hal itu lantaran adanya ambisi yang menggebu sehingga tidak dapat melihat secara objektif.
"Mungkin ada yang asal bicara tanpa data, mungkin didorong oleh ambisi yang menggebu-gebu sehingga tidak objektif," kata Prabowo.
Prabowo mengatakan sebagai Menteri Pertahanan, dirinya berpegang pada strategi nasional atas dasar kepentingan. Prabowo menegaskan dirinya mampu mempertanggungjawabkan hal yang telah dilakukan.
Menurut Prabowo, kekuatan nasional harus memiliki kekuatan militer. Prabowo menyebut tanpa kekuatan militer sebuah bangsa akan dilindas negara lain.
Prabowo juga menyebut Anies teoretis bicara soal pertahanan dalam konteks cyber hingga teknologi. Prabowo mengatakan masalah utamanya berada pada sumber daya manusia.
"Sekali lagi saya berpandangan Pak Anies juga terlalu teoretis, semuanya bagus, indah, tetapi yang nyata tentang masalah AI, cyber, teknologi tinggi adalah sumber daya manusianya, awaknya," kata Prabowo.
Prabowo mengatakan telah membentuk empat fakultas baru di Universitas Pertahanan. Empat fakultas yang dimaksud yakni bidang science, teknologi, engineering, dan matematika.
"Kita menyiapkan putra putri kita terbaik untuk menguasai teknologi, science, untuk menguasai AI, cyber. Bukan barang yang kita beli. Kita harus kuasai, know, how-nya," ucapnya.
"Kita harus kuasai sistem yang harus kita pegang. Menurut saya itu inti daripada masalah, tidak hanya bicara yang baik-baik saja," imbuhnya.
Prabowo menyebut Anies tidak pantas bicara mengenai etik. Hal itu disampaikan ketika Prabowo menanggapi pertanyaan Anies di dalam debat.
Awalnya, Anies meminta Prabowo menjelaskan perihal adanya dugaan orang dalam di pengadaan alutsista dan food estate yang dipegang Prabowo sebagai Menteri Pertahanan. Anies juga menyebut Prabowo membiarkan pelanggaran etik.
Prabowo mengatakan data yang disampaikan Anies itu keliru. Dia juga bersedia buka-bukaan data dengan Anies.
Prabowo kemudian mengatakan keberatan bila Anies bicara mengenai etik. Dia menyebut Anies tidak pantas bicara tentang etik.
"Saudara bicara etik, etik saya itu keberatan. Karena itu saya punya nilai, maaf ya karena Anda desak saya, saya terus terang saja Anda tidak pantas bicara soal etik. Itu saja," kata Prabowo.
Prabowo menyebut Anies menyesatkan. Sebab, kata Prabowo, Anies memberi contoh yang tidak baik.
"Saya merasa bahwa Anda itu posturing, Anda itu menyesatkan, itu aja ya, saya boleh berpendapatkan?" katanya.
"Saya menilai Anda tidak berhak bicara soal etik, karena Anda memberi contoh yang tidak baik soal etik, terima kasih," ucapnya.
Prabowo mengatakan dirinya adalah orang yang selalu berterus terang.
"Saya akan bilang A, A, saya bukan orang macam-macam, tapi Pak Anies saya kira Pak Anies perlu belajar ekonomi lagi ya kan," kata Prabowo.
Prabowo mengatakan seharusnya Anies mempunyai dasar alasan idealnya rasio perbandingan terhadap Produk Domestic Bruto (PDB) 30 persen. Prabowo menyebut utang Indonesia termasuk yang terendah di dunia berdasarkan rasio perbandingan PDB yakni 40 persen.
"Jadi kalau ideal 30 persen dasarnya apa, yang di bawah kita itu Arab Saudi, Rusia pokoknya negara-negara yang punya sumber alam yang luar biasa, tetapi, 40 persennya salah satu terendah sekarang," ujarnya.
Prabowo menegaskan utang tidak masalah asalkan produktif. Bahkan, kata Prabowo, bila menyentuh rasio 50% juga tidak masalah.
"Jadi kalau kita mau bangun industri tadi saya setuju sebagian yang bapak sampaikan, oh iya kenapa, yang penting utang produktif itu saya setuju, tapi kita bisa sampai 50% nggak ada masalah," ujarnya.



DUTA BESAR SIBER
Sementara itu, Capres nomor urut 3 Ganjar Pranowo mengusulkan sejumlah hal untuk memperkuat keamanan siber saat debat Pilpres 2024 ketiga. Salah satunya, Ganjar mengusulkan adanya duta besar siber.
Ganjar mulanya bicara soal penguatan BSSN. Selain itu, menurutnya penting untuk membuat sekuriti sistem yang baik.
"Kita mesti menguatkan BSSN, dan kita penting untuk membuat sekuriti sistem yang baik, bahkan selain membangun SDM dan infrastruktur yang baik, maka kecepatan internetnya coveragenya harus tinggi," kata Ganjar.
Karena itu, Ganjar berpendapat jangan sampai infrastruktur menuju ke sana dikorupsi. Dia menyebut itu yang jadi persoalan yang tidak pernah selesai.
"Ini yang jadi persoalan, tidak pernah selesai," imbuhnya.
Kemudian, Ganjar bicara terkait LPDP. Menurutnya, para lulusan LDPD bisa dipekerjakan di Indonesia, bahkan dijadikan duta besar siber.
"Tentu saja LPDP itu punya potensi yang sangat tinggi untuk berangkatkan orang-orang, anak-anak hebat ke sana, namun demikian ketika mereka sudah baik mereka harus diberi ruang untuk bekerja, BRIN bisa kita libatkan, mereka bisa buat kolaborasi yang sangat bagus, bahkan kemudian pengamanan di kepolisian saya kira perlu cyber institution yang dipimpin oleh Jenderal bintang 3, dan kita perlu duta besar siber," ujar dia.



TRANSFER TEKNOLOGI
Ganjar juga mengingatkan perlunya berhati-hati dalam mengambil utang.
Awalnya Ganjar menyinggung soal buku 'Confessions of an Economic Hit Man' dari John Perkins. Buku ini bercerita tentang bandit-bandit ekonomi di dunia. Menurut buku itu, kata Ganjar, utang bisa mematikan sebuah negara.
"Kita membaca buku 'Confessions of an Economic Hit Man' dari John Perkins. Bahwa utang-utang itu bisa mematikan. Maka hati-hati kalau mau utang. Terutama pada infrastruktur yang punya risiko tinggi. Kita mesti hitung betul," kata Ganjar.
Ganjar mengingatkan, banyak negara kolaps karena utang. "Karena ini banyak dilakukan dan membikin banyak negara kolaps karena utang," lanjutnya.
Ganjar menjelaskan perlunya kekuatan dalam negeri. Dia lantas berbicara perlunya pertumbuhan ekonomi 7 persen.
"Kalau mau pakai kekuatan dalam negeri, wajib hukumnya kita mendorong ekonomi tumbuh 7 persen, kemudian government berjalan dengan baik," ungkapnya.
Ganjar lantas menutup penjelasannya dengan slogan 'no utang, no usang', yakni bahwa tanpa berhutang pun, alutsista Indonesia tidak usang.
"Jadi mohon maaf, kaitannya dengan utang, no utang, no usang. Sehingga alutsista kita betul-betul kita lakukan transfer of technology dari dalam negeri," katanya.



MINTA AMPUN
Ganjar juga menjawab Anies Baswedan soal tak menyebut ASEAN saat ditanya sikap Indonesia dalam konflik Laut China Selatan (LCS). Ganjar mengatakan pengambilan keputusan di ASEAN sulit, sehingga dia berjanji akan melakukan revitalisasi jika menang Pilpres 2024.
"Saya tahu persis pengambilan keputusan di ASEAN itu rumitnya minta ampun, karena harus dengan konsensus, maka kenapa banyak persoalan tidak selesai. Di situlah ketika kemudian amanah yang diberikan kepada saya, revitalisasi ASEAN, agar kemudian pengambilan keputusannya tidak bulat," ujar Ganjar.
Ganjar mengamini jika masalah Laut China Selatan bisa digerakkan lewat ASEAN. Namun, Ganjar menyinggung soal Declaration on the Conduct (DOC) dan Code of Conduct (COC) yang tak kunjung selesai.
"Sehingga kalau kita bicara Laut China Selatan kemudian menggerakkan ASEAN oke, itu betul. Tapi, terbayangkan DOC, COC yang sudah lamanya minta ampun 20 tahun lebih tidak pernah selesai. Maka proses pengambilan keputusan di ASEAN itu lah yang perlu kita review sehingga bisa lebih cepat," ujarnya.
Lebih lanjut, Ganjar juga mengatakan alutsista TNI AL perlu jadi prioritas. Dia juga menjanjikan menuntaskan konflik di laut Natuna.
"Saya sepakat alutsista angkatan laut yang ada di sekitar sana harus menjadi prioritas dan begitu saya jadi Presiden kita tunjukan kedaulatan kita. Gas yang ada di Natuna utara, harus dieksploitasi oleh kita sendiri untuk menunjukkan power kita pada dunia," katanya.
Ucapan Ganjar itu menjawab sentilan Anies sebelumnya yang menyinggung Ganjar tak bicara ASEAN ketika bicara Laut China Selatan. Anies menyentil Ganjar yang tidak menyebut ASEAN ketika menjawab pertanyaan.
"Jawaban Pak Ganjar tidak ada satupun menyebut kata ASEAN, padahal kata kuncinya dalam menyelesaikan persoalan ini adalah ASEAN, dan Indonesia adalah negara terbesar di ASEAN, pendiri ASEAN, Indonesia harus kembali menjadi pemimpin ASEAN yang dominan, bukan sekedar hadirin dalam summit-summit ASEAN," ujar Anies.
Menurut Anies, Indonesia harus menjangkau semua negara ASEAN yang kemungkinan menjadi pintu masuk bagi Tiongkok dalam konflik Laut China Selatan. Dia menyebut Indonesia harus mengambil kesepakatan dengan negara ASEAN.
"Kita menjangkau semua dan negara-negara ASEAN yang sekarang ini menjadi pintu masuk bagi kekuatan Tiongkok misalnya di Laut China Selatan, apakah itu Laos, apakah itu Myanmar sekarang, itu akan menjadi bagian dari kesepakatan ASEAN terhadap wilayah Laut China Selatan," ucapnya.
Dia mengatakan diperlukan kerja sama dari negara ASEAN untuk melindungi Indonesia sebagai salah satu negara bagian dan juga pendiri dari ASEAN.
"Bila di ASEAN kita membangun kesepakatan, bagaimana kita menata, bagaimana kita menghadapi kekuatan luar ASEAN, karena kekuatan luar ASEAN yang datang ke sini," katanya.
"Maka kita menghadapinya sebagai sesuatu regional, bukan sekedar Indonesia berhadapan dengan negara lain, tapi satu region dan Indonesia memimpin ASEAN, itu kata kuncinya menurut saya," imbuhnya.



TAK SALAMAN
Prabowo Subianto tidak bersalaman dengan Anies Baswedan selepas debat capres yang berlangsung panas antara keduanya.
Pantauan, setelah acara debat ditutup, Anies dan Ganjar Pranowo sempat bersalaman. Begitu pula Prabowo sempat bersalaman dengan Ganjar. Namun, Anies yang berdiri di sayap kiri panggung tak dihampiri oleh Prabowo. Prabowo justru berjalan ke sayap kanan, sebelum dihampiri ketua umum partai politik pengusungnya, Ketua Umum Golkar Airlangga Hartarto dan Ketua Umum Partai Amanat Nasional (PAN) Zulkifli Hasan.
Kemudian, Anies terlihat tetap berada di posisinya dan berkumpul dengan para pendukung, serta keluarganya.
Sementara itu, Prabowo menghambur ke arah pendukungnya di bawah panggung, tepat di seberang Anies. Prabowo kemudian kembali ke atas panggung bersama rombongan pendukung dan elite partai politik pengusungnya setelah Anies turun dari panggung.
"Saya mencari tapi sudah tidak ada. Jadi tidak tahu ke mana harus bersalaman," kata Anies kepada wartawan selepas debat. (**)


SHARE:
Tags
beritaTerkait
Jokowi Perkenalkan Prabowo Presiden Terpilih RI di WWF Bali
Latar Belakang Militer Tidak Pengaruhi Demokrasi
Prabowo: Jangan Ganggu Bila Tak Mau Diajak Kerja Sama
Prabowo Menang Pilpres, 3 Pria Gunungkidul Penuhi Nazar Jalan Kaki ke Jakarta
Pesan Luhut ke Prabowo: Jangan Bawa Orang Toxic ke Pemerintahan
Prabowo akan Nikahi Ibu Mertua Kaesang, Benarkah?
komentar
beritaTerbaru