Piala Dunia 2022

Korsel Tahan Uruguay, Spanyol Gasak Kosta Rika 7-0

* Inggris Diunggulkan vs AS

426 view
Korsel Tahan Uruguay, Spanyol Gasak Kosta Rika 7-0
(Foto: Reuters/Molly Darlington)
BEREBUT BOLA: Pemain Korea Selatan Hwang In-beom (kiri) berebut bola dengan pemain Uruguay Darwin Nunez pada laga Grup H antara Uruguay vs Korea Selatan di Education City Stadium, Al Rayyan, Qatar, Kamis (24/11).

Al Rayyan (SIB)

Hasil Piala Dunia 2022 di Grup H antara Uruguay vs Korea Selatan berakhir skor 0-0. Kedua tim menampilkan permainan yang sengit sepanjang laga kala tampil di Stadion Education City pada Kamis (24/11).


Pada 10 menit pertama, kedua kesebelasan bergantian saling menyerang. Uruguay mengandalkan Luis Suarez dan Darwin Nunez di lini depan. Sementara Korea Selatan menurunkan Son Heung-min dan Hwang Ui-jo untuk menembus lini pertahanan lawan.


Baik Uruguay dan Korea Selatan tak menurunkan tensi permainan memasuki menit ke-20. Sempat tercipta peluang emas pada menit 21 di depan gawang Korea, tapi barisan pertahanan Korea yang dikawal quarter Kim bisa meredamnya.


Secara statistik, Uruguay dan Korea Selatan tampil imbang di semua aspek menjelang babak pertama usai. Hingga pada menit 44 Uruguay nyaris mencetak gol.


Sundulan Diego Godin membentur mistar gawang. Itu merupakan satu-satunya kesempatan emas bagi Uruguay untuk mengubah keadaan. Namun, hingga tambahan waktu tidak ada gol tercipta dan kedudukan masih imbang tanpa gol.


Babak Kedua

Tak ada yang berubah dari skema permainan kedua kesebelasan. Uruguay dan Korea Selatan tampil sama-sama dominan.


Uruguay berinisiatif melakukan pergantian pemain lebih dulu dengan menarik keluar Luis Suarez yang digantikan Edison Cavani pada menit 64.


Masuknya Cavani membuat serangan Uruguay terlihat berbeda. Tim asuhan Diego Alonso ini berupaya melepaskan umpan-umpan lambung yang mengarah ke kotak penalti. Namun, langkah itu nampaknya sudah diantisipasi Korea.


Korea Selatan baru melakukan pergantian pemain pada menit 75 dengan menarik tiga orang di lini depan dan tengah. Meski demikian, pergantian tersebut belum membuahkan hasil.


Begitu juga dengan Uruguay yang belum bisa menciptakan peluang emas lagi di depan gawang. Namun, pada menit 88 Federico Valverde melepaskan tendangan spekulasi dari luar kotak penalti. Tendangan gelandang Real Madrid itu membentur tiang gawang.


Aksi itu dibalas oleh Son Heung-min. Tendangan kerasnya pada menit 90 meluncur tak jauh dari tiang gawang Uruguay.


Wasit Clement Turpin dari Prancis memberikan tambahan waktu tujuh menit. Sayang, tidak ada gol yang tercipta hingga akhir laga. Hasil Piala Dunia 2022 antara Uruguay vs Korea Selatan berakhir dengan seri tanpa gol.


Susunan Pemain

Uruguay: Sergio Rochet; Martin Caceres, Diego Godin (kapten), Jose Maria Gimenez, Mathias Olivera (Matias Vina); Matias Vecino (Nicolas de la Cruz); Federico Valverde, Rodrigo Bentancur; Facundo Pellistri, Luis Suarez (Edison Cavani), Darwin Nunez. Pelatih: Diego Alonso (Uruguay)


Korea Selatan: Kim Seung-gyu; Kim Jin-su, Kim Young-gwon, Kim Min-jae, Kim Moon-hwan; Jung Woo-young, Hwang In-beom; Na Sang-ho (Lee Kang-in), Lee Jae-sung (Son Jun-ho), Son Heung-min (kapten); Hwang Ui-jo (Cho Gue-sung). Pelatih: Paulo Bento (Portugal).


Rekor Gila

Spanyol berpesta tujuh gol ke gawang Kosta Rika di Piala Dunia 2022. Lewat gol-gol di laga tersebut, Spanyol menorehkan catatan spesial. Laga Spanyol vs Kosta Rika di Grup E digelar di Al Thumama Stadium, Doha, Rabu (23/11) malam WIB. La Furia Roja menang telak 7-0 atas Kosta Rika.


Dani Olmo membuka keunggulan Spanyol lewat golnya pada menit ke-11. Gol tersebut sekaligus menjadi tonggak sejarah untuk Spanyol.


Gol Olmo itu merupakan gol ke-100 Spanyol di Piala Dunia. Dengan pesta gol ke gawang Kosta Rika, Spanyol berarti sudah mencetak total 106 gol selama keikutsertaannya di Piala Dunia.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com