Minggu, 23 Juni 2024 WIB

MenPAN-RB Ajak Polri Sukseskan Program Reformasi Birokrasi Tematik

Redaksi - Rabu, 22 Februari 2023 10:47 WIB
232 view
MenPAN-RB Ajak Polri Sukseskan Program Reformasi Birokrasi Tematik
Foto: Dok. KemenPAN-RB
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB), Azwar Anas
Jakarta (SIB)
Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara Reformasi Birokrasi (PAN-RB) Azwar Anas menajamkan strategi agar dampak birokrasi dapat dirasakan manfaatnya secara langsung oleh masyarakat. Salah satunya dengan mengajak Kepolisian Negara Republik Indonesia (Polri) dalam mensukseskan program reformasi birokrasi (RB) tematik yang jadi fokus pemerintah saat ini.
"Pengalaman (saat menangani) Covid-19, dengan orkestrasi Bapak Presiden dan Wakil Presiden, TNI Polri, dan kita semua berhasil kerja gotong royong untuk menyukseskan penanganan Covid-19. Kalau penanganan kemiskinan, penurunan stunting, peningkatan investasi, dan digitalisasi layanan pemerintahan dikeroyok bersama-sama tentu akan bisa tercapai targetnya," ujar Anas dalam keterangan tertulis, Selasa (21/2).
Hal itu disampaikan Anas dalam acara Pemberian Penghargaan Hasil Pemantauan dan Evaluasi Kinerja Penyelenggaraan Pelayanan Publik dan Pembangunan Zona Integritas di Lingkungan Polri Tahun 2022 di Gedung Rupatama Markas Besar (Mabes) Polri, Jakarta, Selasa (21/02).
Dalam kesempatan itu, Anas menjelaskan ada empat fokus reformasi birokrasi tematik, yaitu penanggulangan kemiskinan, peningkatan investasi, digitalisasi pelayanan, serta prioritas aktual presiden berupa pengendalian inflasi dan belanja produk dalam negeri.
"Oleh karena itu, mulai tahun ini, Kementerian PAN-RB mengubah evaluasi reformasi birokrasi di seluruh kementerian/lembaga dan pemda. Fokusnya ada pada hasil atau dampak. Kami mengajak Polri berkolaborasi, bagaimana Polres misalnya turut mendorong peningkatan investasi, bersama-sama Pemda mengawal program penurunan kemiskinan dan sebagainya," jelas Anas.
Anas juga meminta Bhayangkara Pembina Keamanan dan Ketertiban Masyarakat atau Bhabinkamtibmas, sebagai jajaran Polri yang paling dekat dengan akar rumput, agar terlibat dalam menyukseskan program ini. Sebab, Ia yakin Bhabinkamtibmas punya pengetahuan dan kemampuan yang memadai untuk membantu penanganan stunting hingga kemiskinan di wilayahnya bertugas.
Selain itu, Anas turut memuji digitalisasi layanan kepolisian yang diinisiasi Polri. Di mana Polri telah mengembangkan super app Polri Presisi yang telah mengintegrasikan seluruh layanan kepolisian sehingga dapat mempermudah masyarakat mendapatkan pelayanan. Melalui aplikasi tersebut, masyarakat bisa melakukan pengecekan e-tilang, konfirmasi ETLE (Electronic Traffic Law Enforcement), pemantauan terhadap SP2HP, informasi Kamtibmas, dan penyampaian pengaduan secara online melalui Dumas Presisi dan Propam Presisi.
"Bapak Wakil Presiden menargetkan Mal Pelayanan Publik (MPP) digital di bulan Mei, kemarin kami sudah uji coba, mendemokan terkait dengan MPP digital. Nah kami minta dukungan Pak Kapolri agar layanan Polri juga bisa diintegrasikan dengan layanan di MPP Digital," imbuh Anas.
Ia pun mengapresiasi upaya yang telah dilakukan Polri dalam meningkatkan kualitas penyelenggaraan pelayanan publik pada masyarakat. Ia berharap, praktik baik ini bisa dipertahankan dan ditingkatkan di masa yang akan datang.
Anas juga berharap kolaborasi yang sudah terjalin dengan baik antara Kementerian PAN-RB dan Polri juga diharapkan dapat terus terjaga utamanya untuk memenuhi harapan Presiden lewat implementasi Reformasi Birokrasi Tematik. (detikcom/c)



Baca Juga:
Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
ASN Pindah ke IKN Bisa Naik Jabatan, MenPAN-RB Siapkan Insentif
Temui Mensesneg, MenPAN-RB Bahas Skenario Perpindahan ASN ke IKN
MenPAN-RB: Belanja Produk Dalam Negeri Jadi Indikator Reformasi Birokrasi
Pemerintah Terus Percepat Implementasi Layanan SPBE Prioritas
Sejumlah OPD Simalungun Dapat Penghargaan dari Ombudsman RI dan KemenPAN-RB
Menteri PANRB Resmikan Mal Pelayanan Publik Kota Medan
komentar
beritaTerbaru