Pertama di Dunia, Dokter Transplantasi Telinga Hasil Cetakan 3D


324 view
Pertama di Dunia, Dokter Transplantasi Telinga Hasil Cetakan 3D
Foto: ThinkStock
Ilustrasi.

Jakarta (SIB)

Seorang perempuan berusia 20 tahun yang lahir dengan telinga kanan yang tidak sempurna, menerima implan telinga yang dibuat dari selnya sendiri. Yang menarik, implan telinga ini dibuat menggunakan cetakan 3D.


Pakar independen mengatakan bahwa transplantasi, bagian dari uji klinis pertama dari aplikasi medis yang sukses dari teknologi ini, merupakan kemajuan yang menakjubkan di bidang rekayasa jaringan.


3DBio Therapeutics, perusahaan obat regeneratif yang berbasis di New York, Amerika Serikat menyebutkan, telinga baru itu dicetak dalam bentuk yang persis sama dengan telinga kiri wanita itu.


Telinga baru yang ditransplantasikan pada bulan Maret itu, akan terus meregenerasi jaringan tulang rawan dan pada akhirnya memberikan tampilan dan "nuansa" telinga alami.


Hasil operasi rekonstruktif wanita itu diumumkan oleh 3DBio dalam rilis berita. Namun sejauh ini, 3DBio belum secara terbuka mengungkapkan detail teknis proses transplantasi, sehingga sulit bagi pakar luar untuk mengevaluasi.


Dikutip dari The Irish Times, 3DBio mengatakan, regulator federal telah meninjau desain percobaan dan menetapkan standar manufaktur yang ketat dan bahwa data akan diterbitkan dalam jurnal medis ketika studi selesai.

Penulis
: Redaksi
Sumber
: KORAN SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com