Wakil Ketua MPR Sebut Pembangunan Butuh Konsistensi Ketaatan Hukum


159 view
Wakil Ketua MPR Sebut Pembangunan Butuh Konsistensi Ketaatan Hukum
Foto: Ist/harianSIB.com
Wakil Ketua MPR RI, Lestari Moerdijat.

Jakarta (SIB)

World Justice Project (WJP) menyatakan tingkat kepatuhan hukum Indonesia semakin membaik.


Wakil Ketua MPR RI Lestari Moerdijat menyebut kepatuhan itu mesti terus ditingkatkan guna mendukung pembangunan di berbagai bidang.


Menurut Lestari, ketaatan dalam mematuhi hukum harus terus ditingkatkan untuk mendorong proses pembangunan di berbagai bidang.


Adapun berdasarkan laporan 'Rule of Law Index 2022' WJP melaporkan kepatuhan hukum Indonesia naik empat peringkat atau menempati peringkat 64 dari 140 negara yang diteliti.


"Membaiknya indikator kepatuhan masyarakat terhadap hukum merupakan kabar baik yang harus terus ditingkatkan, dengan didasari pengamalan nilai-nilai kebangsaan yang kita miliki agar proses pembangunan di berbagai bidang di negeri ini mampu diakselerasi dengan baik," kata Lestari dalam keterangannya, Minggu (30/10).


Lestari menegaskan peningkatan kepatuhan masyarakat terhadap hukum harus benar-benar dijadikan momentum untuk terus memperbaiki pelaksanaan sejumlah kebijakan.


Hal ini dalam rangka pemulihan dari sejumlah krisis yang terjadi saat ini.


Lestari berharap peningkatan kepatuhan masyarakat juga berimbas pada pelaksanaan setiap kebijakan pemerintah di berbagai bidang.


Anggota Komisi X DPR RI dari Dapil II Jawa Tengah itu mendorong kepatuhan masyarakat terhadap hukum dapat terus ditingkatkan sehingga upaya untuk mengakselerasi proses pembangunan bisa direalisasikan.


Tertib dalam pelaksanaan setiap kebijakan, menurut Anggota Majelis Tinggi Partai NasDem itu, sangat diperlukan dalam mengupayakan gerak bersama mewujudkan sejumlah sasaran pembangunan nasional.


Terlebih dalam situasi politik dan ekonomi global yang tidak menentu saat ini, Lestari mengingatkan perlu kepastian dalam setiap pencapaian target-target pembangunan bangsa ini untuk menjawab berbagai tantangan global tersebut. (detikcom/a)




Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com