Bawaslu Labuhanbatu Terima Satu Laporan dari Caleg Soal Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024


773 view
Bawaslu Labuhanbatu Terima Satu Laporan dari Caleg Soal Dugaan Pelanggaran Pemilu 2024
Foto: Ist/harianSIB.com
Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Wahyudi.
Rantauprapat (SIB)
Badan Pengawas Pemilihan Umum (Bawaslu) Kabupaten Labuhanbatu tidak ada menemukan pelanggaran Pemilu. Mulai tahapan awal hingga pemungutan dan penghitungan perolehan suara Capres dan Caleg, Rabu (14/2), tidak ada temuan Bawaslu ini.
Beberapa Panitia Pengawas Pemilu (Panwaslu) kecamatan yang ditemui wartawan, menyebut tidak ada temuan pelanggaran Pemilu 2024. "Nggak ada. Laporan pun belum ada," kata anggota Panwaslu Kecamatan Rantau Utara, Mugimin Satriadi, Kamis (15/2).
Ketua Bawaslu Labuhanbatu, Wahyudi juga mengisyaratkan tidak adanya temuan pelanggaran Pemilu oleh Pengawas Kelurahan/Desa, Panwaslu, dan Bawaslu Labuhanbatu hingga pada pemungutan suara dan penghitungan perolehan suara di tempat pemungutan suara (TPS).
"Masih konsultasi mau laporan, Bang. Lihat besok ada atau gak," tulis Wahyudi menjawab konfirmasi SIB melalui aplikasi pesan WhatsApp, Kamis (15/2) malam.
Sesuai Peraturan Bawaslu Nomor 7 Tahun 2022, temuan adalah dugaan pelanggaran yang ditemukan dari hasil pengawasan Pengawas Pemilu pada setiap tahapan penyelenggaraan Pemilu atau hasil investigasi Bawaslu, atau Bawaslu provinsi, atau Bawaslu kabupaten/kota dan Panwaslu kecamatan.
Temuan didasarkan pada hasil pengawasan dan hasil investigasi terhadap peristiwa yang mengandung dugaan pelanggaran.
Temuan berbeda dengan laporan. Laporan merupakan dugaan pelanggaran Pemilu yang disampaikan secara resmi kepada pengawas Pemilu, oleh WNI yang mempunyai hak pilih, atau peserta Pemilu atau pemantau Pemilu.
Wahyudi saat dihubungi kembali, Jumat (16/2), mengaku pihaknya telah menerima satu laporan dugaan pelanggaran Pemilu dari masyarakat. "Ada. (Laporan) dari Daslan Simanjuntak," sebut Wahyudi.
Daslan Simanjuntak diketahui (dari daftar Caleg tetap) merupakan Caleg nomor urut 3 dari Partai Bulan Bintang (PBB) Dapil Labuhanbatu 5. Aktivitas kesehariannya adalah dosen di Universitas Labuhanbatu.
Namun Ketua Bawaslu, Wahyudi belum bersedia menjelaskan dugaan pelanggaran yang dilaporkan Daslan, dan apakah terkait Pilpres atau Pileg. (**)
Penulis
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com