Bupati Sergai Apresiasi Kinerja Satpol PP Tangani Pedagang Pekan Lelo


234 view
Bupati Sergai Apresiasi Kinerja Satpol PP Tangani Pedagang Pekan Lelo
(Foto: Dok/Diskominfo Sergai)
APRESIASI:  Bupati Sergai, H Darma Wijaya,  didampingi Kasatpol PP Fajar Simbolon  mengapresiasi personel Satpol PP, khususnya yang mengalami cedera saat menata pedagang Pekan Lelo, Senin (25/10/2021). 

Sergai (harianSIB.com)

Bupati Serdangbedagai (Sergai), H Darma Wijaya mengapresiasi kinerja Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) dalam menjalankan tugas menegakkan peraturan daerah (perda).


"Saya mengapresiasi petugas Satpol PP yang menjalankan tugas menegakkan perda, khususnya dalam menata pedagang mengutamakan cara yang humanis, santun dan negosiasi. Terkhusus kepada petugas yang terluka saat menata pedagang Pekan Lelo Firdaus beberapa waktu lalu," kata Darma Wijaya saat menyambangi Kantor Satpol PP di Jalan Negara Desa Firdaus, Kecamatan Seirampah, Senin (25/10/2021).


Terhadap kinerja baik yang sudah dilakukan petugas Satpol PP, Darma Wijaya mengucapkan terima kasih dan berharap itu semua dapat dipertahankan dan ditingkatkan. Terkhusus untuk penataan pedagang, dia minta diutamakan cara negosiasi, imbauan dan sosialisasi.

Tetapi, lanjutnya, jika cara negosiasi dan imbauan sudah dilakukan dan tidak juga diindahkan para pedagang, Darma Wijaya mengaku tak segan untuk mengambil tindakan tegas.


"Kita upayakan terus jangan sampai ada gesekan di lapangan, negosiasi dan imbauan terus kita lakukan. Namun jika tidak juga digubris, saya dan Kasatpol PP akan mengambil langkah hukum," tegasnya.


Hingga saat ini, tambah pria yang akrab disapa Bung Wiwiek ini, pihaknya terus berupaya mewujudkan Sergai "Maju Terus": mandiri, sehahtera dan religius. Salah satu cara dengan menata wajah baru Kabupaten Tanah Bertuah Negeri Beradat sesuai RTRW yang sudah disepakati, serta memberikan layanan maksimal, terkhusus kepada para pedagang.


Darma Wijaya berkeinginan para pedagang berjualan di tempat yang memadai dan bagus dengan fasilitas nyaman dan lengkap. Pemkab Sergai telah menyiapkan tempat di Pasar Seirampah dengan fasilitas yang cukup memadai. Pedagang bisa berjualan dengan aman, pembeli juga nyaman.


"Jika sudah seperti ini, pedagang juga yang untung. Dan visi misi kami menjadikan masyarakat sejahtera pun dapat terwujud," katanya.


Ia tidak bosan mengimbau pedagang Pekan Lelo untuk mau direlokasi ke Pasar Seirampah.


"Kami ingin masyarakat dapat berjualan dengan nyaman. Kami ingin rakyat sejahtera, khususnya pedagang. Makanya saya imbau agar pedagang, khususnya di Pekan Lelo Firdaus pindah di tempat yang sudah disediakan," kata Darma Wijaya.


Diketahui, saat menata pedagang di Pekan Lelo, Minggu (17/10/2021), sempat terjadi insiden saling dorong antara pedagang dan personel Satpol PP hingga nyaris terjadi bentrok. Aksi dorong tersebut menyebabkan beberapa personel Satpol PP mengalami cedera terkilir di bagian tangan dan kaki. (*)

Penulis
: Rimpun H Sihombing
Editor
: Wilfred/Donna Hutagalung
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com