DPRD SU Desak Disdik Sumut Terapkan Pendidikan Moral dan Etika di Sekolah-sekolah

* Banyak Anak Didik Tidak Lagi Beretika Moral

131 view
DPRD SU Desak Disdik Sumut Terapkan Pendidikan Moral dan Etika di Sekolah-sekolah
Foto : Net
Ilustrasi

Medan (SIB)

Anggota Komisi E DPRD Sumut Jonius Taripar P (JTP) Hutabarat mendesak Dinas Pendidikan (Disdik) Sumut untuk menerapkan kembali pendidikan atau pembelajaran moral dan etika atau dulunya disebut Pendidikan Moral Pancasila (PMP) di sekolah-sekolah, sebab akhir-akhir ini banyak anak didik tidak lagi beretika dan bermoral.

"Kita melihat sekarang ini, banyak anak didik atau para pelajar tidak lagi memiliki etika dan moral, tidak lagi menghargai para orang tua maupun orang-orang yang dituakan dan yang lebih tua darinya," tegas JTP Hutabarat kepada wartawan, Rabu (30/11) melalui telepon saat mengikuti kegiatan reses di wilayah Tapanuli.

Penegasan itu disampaikan politisi Partai Perindo Sumut ini merespon adanya pelajar atau siswa SMA yang menendang atau menganiaya orang tua berusia lanjut di Tapanuli Selatan, sehingga berurusan dengan aparat kepolisian.

"Perlakuan anak pelajar ini merupakan salah satu contoh yang tidak memiliki etika dan moral, sehingga sangat wajar ditindak tegas sesuai aturan hukum yang berlaku, agar peristiwa serupa tidak terulang lagi," tegas anggota dewan Dapil Tapanuli ini.

Hilangnya etika moral bagi pelajar ini, tambahnya, selain tidak lagi didapatkan pelajaran dari sekolah, juga akibat dampak perkembangan tegnologi serta ramainya konten-konten di medsos yang tidak mendidik.

Atas dasar itu, JTP menambahkan, Komisi E yang membidangi pendidikan segera menjadwalkan pemanggilan Kadis Pendidikan Sumut beserta para kepala sekolah untuk rapat dengar pendapat membahas tentang penerapan pembelajaran etika moral terhadap sekolah-sekolah di Sumut.

"Pendidikan Moral Pancasila dulu sangat baik untuk menempa anak didik beretika moral dan memaknai arti Pancasila sejak dini, alangkah baiknya kembali diaktifkan pembelajarannya," tandas JTP Hutabarat sembari menambahkan, para pelajar tidak cukup hanya mempelajari ilmu pengetahuan, tapi harus beretika moral. (A4/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com