Dirjen Bimas Kristen Minta Gereja Kreatif Layani Jemaat di Masa Pandemi


363 view
Dirjen Bimas Kristen Minta Gereja Kreatif Layani Jemaat di Masa Pandemi
(Foto: Gereja Pentakosta)
Gereja Pentakosta: Ketua Dewan Pertimbangan Pbs RD Siburian SE dan rombongan dari Kemenag RI di depan Kantor Pusat di Jalan Lingga 24 A Pematangsiantar. Khusus Sinode Periode ke-43 Gereja Pentakosta yang diadakan Jui 2021, semua yang terlibat harus swab. 

Medan (SIB)

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat (Bimas) Kristen Kementerian Agama (Kemenag) Republik Indonesia (RI) monitoring pelaksanaan ibadah di masa pandemi di Indonesia. Sabtu (19/6) rombongan mengakhiri kegiatan. Dalam pertemuan dengan wartawan di Kompleks Kantor Pusat Gereja Pentakosta Jalan Lingga 24 A Pematang-siantar, pimpinan rombongan, Direktur Urusan Agama Kristen Jannus Pangaribuan SH MM meminta gereja kreatif dalam melayani jemaat di masa pandemi. "Mematuhi protokol kesehatan adalah kewajiban. Membuka gereja, melayani jemaat dalam ibadah, maksimal hanya 30 persen dari kapasitas penuh," ujarnya didampingi anggota rombongan di antaranya Biro Hukum Kemenag RI Narotama SH, Kasi Penguatan Lembaga Kemenag RI Mahai.


Hal tersebut, lanjutnya, diikuti oleh gereja-gereja. Artinya, kepatuhan sebagai hamba pun ditunjukkan gereja pada pemerintah, sebagaimana digariskan Alkitab. Ia menunjuk kepatuhan serupa ketika mengunjungi Riau. "Ada gereja terbesar di Pekanbaru, pun demikian. Gedung hanya diisi tak sampai 30 persen. Sisanya di halaman untuk kebaktian. Kebaktian bergelombang," tambahnya.


Ia menunjuk gereja-gereja di SU yang juga patuh pada imbauan pemerintah. "Gereja harus fleksibel menyesuaikan dengan kondisi yang ada," tegasnya.


Sama seperti gereja di Pematangsiantar yang mematuhi himbauan serta menjadi kondusivitas. Di kota pelajar itu, rombongan mengunjungi GBI dan Gereja Pentakosta yang dibangun Pdt Ev Lukas Siburian (+). "Gereja harus mematuhi dan memegang peranan penting dalam ikut menekan laju pandemi hingga ke titik terendah bahkan nol," tambahnya.


Di Gereja Pentakosta, rombongan yang didampingi Kabid Bimas Kristen Kemenag SU Dr Arnot Napitupulu MPd K dan Staf Kanwil Kemenag Prov SU, disambut Ketua Pucuk Pimpinan Gereja Pentakosta Pdt Ev J Sihombing dan Sekjen Pucuk Pimpinan Gereja Pentakosta Pdt I Simanjuntak STh, Sekretaris Umum Panitia Sinode Periode ke-43 Gr Drs Abel Sirait dan Wakil Pbs Hamonangan Sinaga SPd.


Gr Drs Abel Sirait melaporkan, Ketua Dewan Pertimbangan Pbs RD Siburian SE dan Ketua Umum Persatuan Wanita (PW) Gereja Pentakosta serta rombongan masih di Jakarta dalam rangkaian mengikuti ibadah pengebumian Ny Yasona Laoli. Ia melaporkan, Gereja Pentakosta pada Juli 2021 mengadakan Sinode Periode ke-43 Gereja Pentakosta yang akan dibuka Dirjen Bimas Kristen. "Mengindahkan imbauan pemerintah, peserta harus mematuhi protokol kesehatan dan dilakukan hybrid yakni membatasi peserta dan ada virtual,” jelasnya.


Menurutnya, kegiatan merupakan tuntutan AD/ART hingga harus dilakukan tapi tetap patuh dengan apa yang digariskan pemerintah serta disesuaikan dengan kondisi wabah.


Mengenai penyesuaian kegiatan ibadah, lapornya, sesuai arahan Ketua Dewan Pertimbangan Pbs RD Siburian bahwa ibadah harus dilakukan tapi dibatasi dan disesuaikan dengan kondisi. Cenderung virtual," tutupnya.


Khusus Sinode Periode ke-43 Gereja Pentakosta, Pbs RD Siburian menggariskan, semua yang terlibat harus tes antigen dan yang dari luar kota swab mengikuti arahan pihak kesehatan. Bahkan delegasi yang berasal dari Indonesia Timur, dimungkinkan mengikuti kegiatan secara virtual. (R10/d)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Koran SIB
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com