Senin, 20 Mei 2024 WIB

Dugaan Korupsi di Dinas Parbudpora Nisbar Dilapor ke Jaksa

* Kadis Mengaku akan Lapor Balik
Redaksi - Kamis, 02 Februari 2023 13:57 WIB
168 view
Dugaan Korupsi di Dinas Parbudpora Nisbar Dilapor ke Jaksa
Foto : net
Ilustrasi
Gunungsitoli (SIB)
Ketua LSM Somasi Nias Barat (Nisbar), Yosua Zega melaporkan dugaan korupsi dalam 6 item kegiatan pada Dinas Pariwisata Kebudayaan Pendidikan dan Olahraga (Parbudpora) Nisbar TA 2021.

"Benar telah saya laporkan minggu lalu ke Kejari Gunungsitoli," jelas Yosua saat dikonfirmasi SIB, Rabu (1/2).

Keenam item kegiatan dikatakan diketahui dari Laporan Hasil Pemeriksaan (LHP) BPK RI TA 2022, yang mana pada anggaran Rp 1 miliar lebih ditemukan penyimpangan dana sekitar Rp 100 juta.

Keenam temuan dimaksud menurut Yosua adalah, kelebihan pembayaran biaya perjalanan dinas, ketidaksinkronan belanja spanduk dan printer, kelebihan pembayaran penginapan, honorarium penanggungjawab keuangan serta kelebihan pembayaran honor pengelola aplikasi berbasis daerah/nasional.

"Sebenarnya saya berusaha menjalin komunikasi baik dengan Kadis Parbudpora namun surat yang saya kirimkan tidak digubris," jelasnya. Dia pun berharap Kejari Gunungsitoli dapat memproses laporannya dengan segera.


Balik Lapor
Sementara, Kadis Parbudpora Nisbar, April Imelda J Hia MSi ketika dikonfirmasi, mengatakan dia mengetahui dilaporkan melalui media massa. Imelda juga dikatakan menghormati proses hukum. "Tapi saya juga memberikan kesempatan mengklarifikasi soal tudingan kepada saya, sebab hal itu fitnah dan saya akan melaporkan balik," jelasnya.

Kajari Gunungsitoli melalui Kasi Intel, Sulaiman Harahap SH membenarkan adanya laporan tersebut. "Benar ada laporannya. Kami sedang pelajari dan telaah," katanya.



Nisbar WTP
Penggiat anti korupsi Nisbar, Petrus Gulo SE mengaku terkejut dengan adanya temuan BPK RI yang kemudian dijadikan LSM menjadi data laporan ke jaksa. Petrus mengatakan, Pemkab Nisbar memperoleh penilaian wajar tapa pengecualian (WTP) pada pengelolaan keuangan, namun ia heran justru ada temuan. Dia meminta jaksa kooperatif menangai kasus itu agar menjadi pelajaran bagi pejabat lainnya. (A19/d)




Sumber
: Koran SIB
SHARE:
Tags
beritaTerkait
ICW Catat Kasus Korupsi di 2023 Terjadi Lonjakan Masif
Kejagung ke SIB: Kita Tunggu Pengaduannya, Mas!
Tersangka Korupsi Perjalanan Dinas Kadiskop UKM dan Perindag Padangsidimpuan Ditahan Kejaksaan
Tersangka Korupsi, Mantan Camat Harian Samosir Ditahan Jaksa
Selamatkan Uang Negara Rp1 M Lebih, Keluarga Tersangka Heran Proyek Puskesmas Aek Batu Jadi Kasus Korupsi
Dugaan Korupsi APD Covid-19, Majelis Hakim PN Medan Tolak Eksepsi Kadis Kesehatan Sumut
komentar
beritaTerbaru