Harga Jagung Kering di Kecamatan Dolok Panribuan dan Jorlang Hataran Naik Jadi Rp 4.200 per Kg


553 view
Harga Jagung Kering di Kecamatan Dolok Panribuan dan Jorlang Hataran Naik Jadi Rp 4.200 per Kg
ANTARA/Zabur Karuru
Ilustrasi
Tiga Dolok (SIB)
Dua pekan terakhir, harga biji jagung kering di Kecamatan Dolok Panribuan dan Jorlang Hatara Simalungun naik menjadi Rp 4.200 per kilogram (Kg) yang sebelumnya Rp 2.500-2.800 per Kg.

Demikian informasi dari para petani Jagung Boru Gultom, Sinaga, Manurung dan Ambarita di lokasi berbeda di Tiga Dolok Kecamatan Dolok Panribuan dan Tiga Balata Kecamatan Jorlang Hataran ke SIB, Sabtu (20/2).

Boru Gultom manyampaikan, para petani jagung di Kecamatan Jorlang Hataran saat ini bergairah karena dua pekan terakhir harga biji jagung kering mencapai Rp 4.200 per Kg dan biji jagung basah 3.200 per Kg dari sebelumnya Rp 3.500-3.800 per Kg dan biji jagung basah Rp 300.000-Rp 3.200 per Kg sesuai kualitas jagung.

Disebutkannya lagi dari 10 rante tanaman jagung miliknya dapat menghasilkan 1.5 hingga 2 ton biji jagung kering permusim, dengan usia tanam selama enam bulan mulai dari awal pengolahan lahan hingga panen. "Kita berharap harga jagung tetap stabil agar petani bergairah untuk mengejar produksi biji jagung minimal dapat memanen jagung dua kali dalam setahun dari lahan yang sama," katanya.

Di tempat terpisah petani jagung Marga Manurung mengatakan hal senada, beberapa pekan terakhir harga jagung kering di Kecamatan Dolok Panribuan naik menjadi Rp 4.200 per Kg dari sebelum Rp 3.500 per Kg dan biji jagung basah Rp 3.200 per Kg.
Para petani jagung menyampaikan, kenaikan harga jagung sangat membantu perekonomian masyarakat untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari pada masa pandemi Covid-19 dan berharap harga biji jagung menetap di angka Rp 4.200 per Kg dan meminta kepada pemerintah menyediakan pupuk sehingga petani dapat meningkatkan hasil-hasil produksi pertanian untuk mendukung program pemerintah swasembada pangan. (S12/a)

Penulis
: Redaksi
Sumber
: Hariansib edisi cetak
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com