Karo Terang Festival Warnai Natal di Karo


879 view
Karo Terang Festival Warnai Natal di Karo
(Foto : Dok/AT)
Pt Em Amos Tarigan foto bersama Sekretaris Umum Moderamen GBKP, Pdt Yunus Bangun saat audiensi ke Moderamen, Jumat (1/12/2023). 
Kabanjahe (harianSIB.com)
Menyambut Natal 2023, masyarakat Karo yang beragama Kristen diajak memeriahkannya. Sejumlah tokoh Karo berinisiatif menyelenggarakan Karo Terang Festival (KTF) 2023. Penyumbang ide, Pt Em. Amos Tarigan, Jumat (1/12/2023) kepada SIB mengatakan, KTF merupakan kegiatan pemasangan lampu hiasan Natal khususnya di daerah Berastagi sampai Kabanjahe, mulai 1-31 Desember 2023. KTF tahun ini adalah yang ketigakalinya diadakan. Tahun pertama diawali dengan menghias 1 pohon dengan lampu di dekat Tugu Berastagi. Tahun kedua, panitia memasang lampu Natal di Tugu Perjuangan, Sapo Angin, pohon-pohon di Berastagi dan di Menara Jubileum 125 Tahun GBKP dan Tugu Bambu Runcing Kabanjahe. Disebutkan, tahun ini, selain pemasangan lampu hiasan Natal di Tugu Perjuangan, Sapo Angin dan pohon pohon di Berastagi, juga akan dilakukan pemasangan di pembatas jalan mulaii dari Kodim Berastagi sampai ke Kabanjahe. Target lampu pohon terang yang terpasang minimal 30 lampu, dengan jarak antar lampu 10-15 meter.
Latar belakang kegiatan KTF menurut Amos, selama ini suasana Natal di lingkungan rumah, halaman, jalan di Karo terasa sangat kurang. Tantangen kegiatan ini masyarakat belum terbiasa atau masih kurang berminat.
Tahun ini katanya, panitia mempersiapkan dan memberi lampu hiasan Natal kepada masyarakat. Walau demikin ada juga yang menolak untuk memasangnya.
Tujuan utama dari KTF ini sebutnya, untuk menciptakan suasana Natal yang meriah dan menambah suka cita dan semangat dalam merayakannya. Menyaksikan kepada dunia bahwa Yesus Kristus Sang Mesias sudah lahir ke dunia. Tujuan umum KTF, mendukung pariwisata di Kabupaten Karo.
Untuk menyukseskan kegiatan ini, sebelumnya, Kamis (16/11/2023), panitia KTF melaksanakan audiensi ke Bupati Karo Cory S Sebayang. Bupati sangat mendukung kegiatan ini dan membuat surat edaran yang ditujukan kepada dunia usaha dan lembaga/instansi yang ada di Karo untuk memasang lampu hiasan Natal di depan kantor, bangunan tempat usaha/ rumahmya.


Bupati Karo : Bupati Karo Cory S Sebayang foto bersama dengan Pt Em Amos Tarigan seusai mendiskusikan tentang Karo Terang Festival, Kamis di Kantor Bupati di Kabanjahe 16/11/2023 (Foto : Dok/AT)


Amos Tarigan juga beraudiensi ke Moderamen GBKP yang diterima Sekretaris Umum, Pdt. Yunus Bangun, Jumat (1/12/2023) di Kantor Moderamen. Moderamen memberikan dukungan dalam pelaksanaan Karo Terang Festival 2023.
"Mohon dukungan dukungan kita warga Karo. Mari sama-sama kita sukseskan, tujuan utama menambah semarak dan suka cita Natal, jadi berkat mendukung pariwisata.
Besar harapan kami, tahun ini suasana Natal dengan lampu terpasang lebih semarak dibanding tahun lalu," katanya.
Dijelaskan, Panitia Karo Terang Festival hanya mendorong masyarakat agar terpanggil memasang pernak-pernik Natal di depan kantor/ rumahmya.
"Semoga ke depan, masyarakat yang mendukung kegiatan ini semakin banyak, sehinga bisa berkembang setiap tahun dengan berbagai bentuk acara, jadi event yang meriah, istimewa dalam merayakan Hari Natal dan menyambut Tahun Baru disetiap bulan Desember. Ini diharapkan menjadi tradisi," sebutnya. (*)


Penulis
: Eva R Pelawi
Editor
: Eva
Segala tindak tanduk yang mengatasnamakan wartawan/jurnalis tanpa menunjukkan tanda pengenal/Kartu Pers hariansib.com tidak menjadi tanggungjawab Media Online hariansib.com Hubungi kami: redaksi@hariansib.com